[SALAH] Foto Calon Wabup Muratara, Inayatullah Berduaan dengan Wanita di Dalam Mobil

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Gambar hasil suntingan/editan. Foto aslinya adalah Inayatullah sedang bersama dengan Hadye Yatullah selaku juru bicara pasangan Devi Suhartoni dan Inayatullah. Foto tersebut diambil pada Februari 2020 saat keduanya dalam perjalanan menuju Jakarta.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook


= = = 

Narasi:

Akun Andi Kemekk turut mencantumkan artikel milik mediaadvokasi.com berjudul “Diduga Oknum Pejabat di Muratara Lakukan Asusila”.

= = =

Penjelasan:

Akun Facebook Andi Kemekk mengunggah gambar (18/09/2020) di grup Rupi Rawas Community (RRC) yang memperlihatkan seolah bakal calon Wakil Bupati Muratara Inayatullah berduaan dengan wanita di dalam mobil. Akun Andi Kemekk turut mencantumkan artikel milik mediaadvokasi.com berjudul “Diduga Oknum Pejabat di Muratara Lakukan Asusila”, yang diketahui memiliki konteks berbeda dengan foto yang diunggah.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa gambar tersebut adalah hasil suntingan/editan. Foto asli adalah Inayatullah sedang bersama dengan Hadye Yatullah yang merupakan juru bicara pasangan Devi Suhartoni dan Inayatullah. Foto tersebut diambil pada Februari 2020 saat perjalanan menuju Jakarta. 

“Saya difitnah, foto saya diedit seolah saya sedang foto berduaan dengan wanita yang bukan mahram saya di dalam mobil,” kata Inayatullah, selasa (19/9/2020), dilansir dari tribunsumsel.com.

Hadye Yatullah juga telah membantah gambar tersebut melalui akun Facebooknya, yang menilai editan foto tersebut hanya untuk mengarahkan busur panah fitnah kepada Cawabup H. A. Inayatullah.

Sedangkan foto wanita yang ada pada gambar suntingan diketahui bernama Purnama Sarie seorang pemilik butik Purnama Collaction, di Serang Banten. Setelah foto hoaks itu beredar, Purnama Sarie turut membuat pernyataan di dinding Facebooknya.

“Ini jelas hoax, foto aku dipakai untuk menyerang salah satu pasangan calon Pilkada di daerah Musi Rawas Utara Sumatera Selatan…seolah2 kita semobil. Photo yg asli dan benar dibagian bawah… Diedit&diganti dgn photo aku.. Orang diriku belum pernah ke Sumatera Selatan” tulis Purnama sarie.

Pasca viral, akun Andi Kemekk diketahui telah menghapus unggahannya tersebut. Meski begitu, banyak warganet yang sudah mengabadikan unggahan milik Andi untuk dijadikan sebagai bukti klarifikasi bahwa foto tersebut merupakan hoaks.

Dengan demikian, gambar bakal calon Wakil Bupati Muratara Inayatullah berduaan dengan wanita di dalam mobil termasuk dalam konten yang dimanipulasi, karena telah melalui proses penyuntingan. 

= = = 

Referensi:

https://palembang.tribunnews.com/2020/09/19/beredar-foto-hoaks-balon-wabup-muratara-inayatullah-berduaan-dengan-cewek-di-dalam-mobil-diedit?page=2

https://www.mediaadvokasi.com/2020/08/diduga-oknum-pejabat-di-muratara.html?m=1

https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=4381653728572699&id=100001843460352

https://www.facebook.com/photo?fbid=375413557185146

https://i.pinimg.com/originals/00/12/75/001275f7981464ab47b19d8daf93bb63.jpg