[SALAH] “Acara Wisuda 4000 Hafidz Al-Quran di Sarajevo”

Informasi tersebut salah. Acara wisuda pada foto bukan terjadi di Sarajevo melainkan di Travnik, sebuah wilayah yang berjarak 91 kilometer dari ibu kota, Sarajevo. Wisuda tersebut dilakukan pada 12 Juli 2020 dan dihadiri tidak lebih dari 101 siswa.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FALSE CONTEXT/ KONTEKS YANG SALAH

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI:

Acara Wisuda 4000 Hafidz Al-Qur’an di Sarajevo, Bosnia…👀👍✍️
bagaimana ini kalau terjadi di @+62 apa kata Menag…???!!! ..😱🙈
ini sangat berBahaya…
Kalimat …HTI, KILAFAH, RADIKAL & RADIKUL…keluar tuh
Badannya pada Kepanasan…😅🤣😂😎

===

PENJELASAN: Melalui media sosial Facebook, akun @FadeUmar membagikan sebuah foto dengan klaim “Acara Wisuda 4000 Hafidz Al-Qur’an di Sarajevo”. Hingga saat ini, unggahan tersebut telah mendapat 48 komentar dan dibagikan sebanyak 459 kali oleh pengguna Facebook. Namun pasca dilakukan penelusuran lebih lanjut, klaim @FadeUmar diketahui tidak sesuai dengan fakta.

Coba melakukan penelusuran dengan mesin pencari, foto serupa ditemukan pada artikel misbar.com yang terbit pada 26 Juli 2020. Dijelaskan bahwa foto tersebut adalah acara wisuda siswa-siswi di sekolah Elci Ibrahim Pasha, Travnik, Bosnia. Travnik sendiri merupakan kota yang berjarak 91 kilometer dari ibu kota Sarajevo.

Pada 12 Juli 2020, sekolah Elci Ibraham Pasha mengadakan wisuda atau prosesi kelulusan kelas 253, dengan jumlah yang tidak lebih dari 101 siswa. Fakta lain yang diterbitkan oleh misbar.com adalah, salah seorang profesor di yayasan tersebut, Ahmed Adelovich menyatakan bahwa jumlah pelafal Alquran di Elci Ibrahim Pasha tidak melebihi lusinan terhitung sejak tahun 1994 hingga 2012.

Jika merujuk pada seluruh referensi, klaim akun @FadeUmar diketahui tidak sesuai dengan fakta, dan masuk ke dalam kategori false context atau konteks yang salah.

===

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4357781/cek-fakta-benarkah-dalam-foto-ini-wisuda-4-ribu-siswa-di-sarajevo-simak-faktanya
https://misbar.com/factcheck/2020/07/26/101
https://www.dailysabah.com/arabic/history/2019/12/03/
https://archive.fo/FJGhX