[SALAH] Bupati Lumajang Beri Bantuan Lewat Whatsapp

Hasil periksa fakta Aisyah Adilah (Anggota Komisariat MAFINDO Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta)

Informasi tersebut palsu. Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menegaskan bahwa dia tidak pernah mengirimkan bantuan secara serta-merta dengan model meminta nomor rekening. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada karena pesan tersebut terindikasi modus penipuan.

= = = = =

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

= = = = =

[SUMBER]: WHATSAPP

= = = = =

[NARASI]:

Penghargaan nya dikirim ke yayasan bapak besok pukul 10:00 semoga lancar dan saya minta doa restu supaya saya tetap bisa menyalurkan dana ke yayasan sekitar.

= = = = =

[PENJELASAN]:

Sebuah tangkapan layar aplikasi perpesanan Whatsapp beredar, dalam tangkapan layar tersebut mulanya pelaku yang mengaku sebagai Thoriqul Haq Bupati Lumajang mentransfer uang sebagai bentuk bantuan kepada Yayasan Izzatul Jannah. Namun, akhirnya pelaku meminta uang ditransfer kembali untuk anak asuhnya yang sedang dirawat di rumah sakit.

Khusnul Khotimah Pengurus Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Yayasan Izzatul Jannah Lumajang mengaku tertipu oleh seseorang yang mengaku sebagai Bupati Lumajang itu. Khusnul baru sadar kalau ia tertipu setelah nomer yang menghubunginya berubah-ubah dan pelaku meminta pulsa.

Terkait hal tersebut, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan laporan dari salah satu yayasan ke Polres Lumajang terkait penggunaan Whatsapp atas nama Bupati yang digunakan untuk melakukan penipuan terhadap orang per orang atau lembaga.

“Saya tidak mungkin meminta minta uang dengan model pengiriman rekening, model pulsa masak Bupati minta pulsa yang bener saja,” ujar Thoriq.

Thoriq menjelaskan apa pun bentuk bantuannya pasti melalui mekanisme yang benar seperti mengajukan proposal.

“Saya mengimbau jangan percaya terhadap apapun bentuk yang mengatasnamakan Bupati untuk modus yang dilakukan bantuan atau pemberian uang,” pungkasnya.

Sehingga, informasi mengenai Bupati Lumajang yang memberikan bantuan melalui aplikasi Whatsapp adalah hoaks dengan kategori konten palsu dan pesan tersebut terindikasi modus penipuan.

= = = = =

[REFERENSI]:

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/295270/catut-nama-bupati-lumajang-sebuah-yayasan-pesantren-tertipu-jutaan-rupiah
https://d-onenews.com/begini-tanggapan-bupati-soal-penipuan-yang-mencatut-namanya
https://bali.tribunnews.com/2020/09/08/namanya-dicatut-buat-menipu-bupati-lumajang-thoriqul-haq-masak-bupati-minta-pulsa
http://m.pojokpitu.com/baca.php?idurut=104266