[SALAH] “Badak Bukanlah Mahluk Asal Bumi, Karna Pada Saat Manusia Melakukan Pendaratan Pertama Di Bulan, Mereka Mendapati Koloni Badak”

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Gambar suntingan/editan. Faktanya badak telah tinggal di bumi selama kurang lebih 50 juta tahun, yang pada saat itu menjadi spesies badak yang tersebar di seluruh penjuru dunia, mulai dari Afrika, Asia, Eropa, hingga Amerika Utara.

= = =

KATEGORI: Satire/Parodi

= = =

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.vn/CzjOO

= = =

NARASI:

“KAMU HARUS TAHU

BADAK Bukanlah Mahluk Asal Bumi, Karna Pada Saat Manusia Melakukan Pendaratan Pertama Di Bulan, Mereka Mendapati Koloni Badak. Setelah Diteliti Para Ilmuwan, Rupanya Badak Bulan Tersebut DNA-nya Mirip Dengan Species Badak Bumi. Yang Membedakan Mereka Adalah BADAK BUMI MEMAKAN RUMPUT Sedangkan BADAK BULAN MAKAN BEBATUAN BULAN JUGA TERKADANG MEMAKAN BINTANG-BINTANG.”

Akun Sahat Situmorang juga menambahkan narasi pada postingannya sebagai berikut:

“Sedikit menyimpanglah dari materi politik, nih drun informasi pengetahuan umum ya biar kelean pintar dan lebih tahu tentang makhluk hidup dan alam semesta…….

#salam14periode😎”

= = =

PENJELASAN:

Akun Facebook Sahat Situmorang mengunggah gambar (05/09/2020) yang memperlihatkan astronot dan badak tengah berada di bulan, dalam gambar terdapat keterangan bahwa badak bukan makhluk asal bumi, karena ketika pada saat manusia melakukan pendaratan pertama di bulan, mereka mendapati koloni badak.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim badak bukanlah makhluk bumi adalah klaim yang tidak benar.  Badak merupakan satu dari beberapa hewan paling ikonik yang dimiliki bumi karena bentuk tubuhnya, tak lain hewan bertubuh besar ini memiliki tanduk yang khas dan telah mendiami  bumi selama kurang lebih 50 juta tahun. Selain itu, badak adalah lima spesies hewan dari family Rhinocerotidae, ordo Perissodactyla. Pada saat itu, spesies badak tersebar di seluruh penjuru dunia, mulai dari Afrika, Asia, Eropa, hingga Amerika Utara.

Adapun gambar asli pada unggahan tersebut ditemui pada situs NASA Images dengan judul “Apollo 11 Mission image – Astronaut Edwin Aldrin stands beside the SWC experiment on the lunar surface” dengan keterangan Astronot Edwin E. Aldrin, pilot Lunar Module LM, berdiri di samping Eksperimen Komposisi Angin Matahari (Solar Wind Composition). Foto tersebut diambil pada 20 Juli 1969 oleh astronot Apollo 11 Neil Armstrong.

Dengan demikian, klaim badak bukan makhluk asal bumi termasuk dalam konten satire/parodi dalam artian tidak ada niat merugikan namun berpotensi untuk mengelabui.

= = =

REFERENSI:

http://nasaimages.lunaimaging.com/luna/servlet/detail/NVA2~84~84~84615~137279:Apollo-11-Mission-image—Astronaut

https://apod.nasa.gov/apod/ap170722.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Badak

https://nationalgeographic.grid.id/read/131861403/5-fakta-tentang-badak-satwa-yang-paling-terancam-punah-di-dunia?page=all