[SALAH] Program PT Pertamina Berhadiah Cek Tunai Senilai Rp150 Juta

Informasi palsu. PT Pertamina menyatakan informasi terkait pembagian cek tunai senilai Rp150 juta adalah palsu alias hoaks. Link yang terdapat pada narasi pesan terindikasi adalah modus penipuan, sehingga masyarakat diimbau untuk waspada dalam menerima informasi yang mencatut nama PT Pertamina.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT/KONTEN PALSU

===

SUMBER: PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI:

Selamat..!Anda T-pilih

Dlam Program PT.Pertamina Persero

Mndptkan Cek.Tunai Rp 150 jt

KODE ID 385ua27

U/info cek di

https://bit.ly/info-pertamina69

===

PENJELASAN: Melalui pesan berantai Whatsapp, beredar informasi seputar pembagian hadiah dari PT Pertamina berupa cek tunai senilai Rp150 juta. Menurut narasi yang beredar, bagi masyarakat penerima pesan diimbau untuk mengklik link yang tercantum di dalamnya. Menanggapi informasi yang tidak sesuai fakta, PT Pertamina akhirnya angkat bicara.

Melansir dari merdeka.com, Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usma menegaskan bahwa informasi terkait PT Pertamina membagikan cek tunai senilai Rp150 juta adalah palsu alias hoaks. Fajriyah sendiri menduga adanya indikasi modus penipuan terkait pesan tersebut. Oleh sebab itu masyarakat diimbau lebih waspada, dan mengecek segala informasi terkait PT Pertamina di kanal-kanal resmi.

“Ini sudah pas hoaks. Mohon bisa berhati-hati untuk masyarakat yang mendapatkann info tersebut,” jelas Fajriyah.

Fajriyah mengaku jika pihaknya telah melaporkan konten tersebut kea duan konten Kementeriann Komunikasi dan Informatika (Kominnfo).

“Reminder dan laporan kami telah sampaikan melalui kominfo dan juga disebarkan melalui media dan media sosial,” tegas Fajriyah.

===

REFERENSI:

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-pertamina-bagikan-cek-tunai-rp150-juta-lewat-sms.html
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4343934/cek-fakta-hoaks-pertamina-bagi-bagi-cek-tunai-rp-150-juta-lewat-sms