[SALAH] “Jokowi Berharap, Kita Semua Dapat Menerima Kehadiran TKA Cina sebagai Saudara Yang Mencari Nafkah Disini”

Judul pada tangkapan layar telah disunting. Akun Facebook @Isma membagikan tangkapan layar pemberitaan milik swarakyat.com, namun dengan judul pemberitaan yang tidak sesuai alias sudah disunting.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: MANIPULATED CONTENT/KONTEN YANG DIMANIPULASI

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI:“Jokowi Berharap, Kita Semuua Dapat Menerima Kehadiran TKA Cina sebagai Saudara Yang Mencari Nafkah Disini”

===

PENJELASAN: Akun Facebook @Isma membagikan narasi beserta tangkapan layar media swarakyat.com dengan judul pemberitaan ““Jokowi Berharap, Kita Semuua Dapat Menerima Kehadiran TKA Cina sebagai Saudara Yang Mencari Nafkah Disini”. Hingga saat ini, unggahan @Ismi telah mendapat 487 tanggapan dan dibagikan sebanyak 166 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Namun pasca dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa tangkapan layar yang dibagikan adalah tidak sesuai fakta dan sudah melalui proses penyuntingan. Melalui laman swarakyat.com, tidak ditemukan judul berita seperti halnya unggahan milik @Ismi. Judul asli pada pemberitaan adalah “Jokowi Berharap Masyarakat Takut Kepada Allah dan Api Neraka”.

Unggahan @Ismi masuk ke dalam kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi. Konten jenis ini biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan sebuah media. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

===

REFERENSI:

https://www.swarakyat.com/2020/08/jokowi-berharap-masyarakat-takut-kepada.html

https://web.facebook.com/photo.php?fbid=345526550154572&set=a.113777163329513&type=3&theater

https://archive.fo/fraPl