[SALAH] Foto “Subehanallah penampakan malaikat di antara orang2 sholat di masjid nabawi”

Bukan malaikat. Seseorang yang terlihat bercahaya dalam foto itu merupakan salah satu jemaah yang tubuhnya terkena sinar matahari ketika terekam kamera Masjid Nabawi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Akun Ibu (fb.com/113862463641595) mengunggah sebuah gambar yang terdapat narasi sebagai berikut:

“”Subehanallah penampakan malaikat di antara orang2 sholat di masjid nabawi,masya allah. semoga yg bagikan ini berikan reseki, umur panjang,dan terhindar dari segala musibah.. amin. komen jika kalian baik hati”

Di gambar itu terdapat foto seseorang yang tampak memancarkan cahaya dan dilingkari hijau.

Sumber : https://archive.md/5ovEz (Arsip)|

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim CekFakta Tempo, klaim adanya foto penampakan malaikat bercahaya di masjid Nabawi adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan malaikat. Seseorang yang terlihat bercahaya dalam foto itu merupakan salah satu jemaah yang tubuhnya terkena sinar matahari ketika terekam kamera Masjid Nabawi.

Dilansir dari Tempo.co, ditemukan bahwa foto itu telah beredar di internet sejak 2012. Foto tersebut merupakan gambar tangkapan layar video siaran langsung salat berjamaah yang digelar di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, pada 2012. Namun, seseorang yang terlihat bercahaya dalam video itu bukanlah penampakan malaikat.

Di YoTube, video salat berjamaah di Masjid Nabawi tersebut pernah diunggah oleh kanal Agbny Arab pada 10 Desember 2012 dengan judul dalam bahasa Arab yang jika diterjemahkan berbunyi “Seseorang bersinar terang di Masjid Nabawi dan administrasi Haram mengkonfirmasi kebenarannya”. Dalam keterangannya, disebutkan bahwa seseorang yang bercahaya itu terekam pada menit 14:30. Kondisi di luar Masjid Nabawi saat itu memang sangat cerah. Namun pada menit ke 2:56, orang tersebut tidak terkena cahaya matahari.

Namun, dilansir dari situs media Uni Emirat Arab, Al Bayan, Kepresidenan Masjid Nabawi menyatakan bahwa apa yang beredar di media sosial, yang memperlihatkan pantauan kamera Masjid Nabawi saat mendokumentasikan salat Jumat dan merekam seseorang yang bersinar, hanyalah montase.

Direktur Humas Kepresidenan Masjid Nabawi Syekh Abdul Wahid Al-Hattab mengatakan, “Kami tidak melihat apa-apa, tapi kami mendengar apa yang beredar di media sosial dan YouTube tentang apa yang dikatakan terjadi saat salat Jumat kemarin. Apa yang terjadi hanya permainan montase, tidak kurang atau lebih.”

Direktur Madinah TV Center, Saad Al-Awfi, juga menyatakan bahwa yang terlihat dalam rekaman tersebut hanyalah cahaya yang terpantul dari orang itu, kemudian tertangkap kamera Masjid Nabawi. Adapun Syekh Ghazi Al-Mutairi, profesor dari Universitas Islam Madinah, mengingatkan agar publik tidak terburu-buru mengeluarkan opini yang abstrak tentang insiden fotografi ini.

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/968/fakta-atau-hoaks-benarkah-ini-sosok-malaikat-di-antara-jemaah-masjid-nabawi
https://www.youtube.com/watch?v=K00CRB8XYYE
https://www.rzma.com/2012/12/12/شاهد-تفاضيل-الصورة-التي-انتشرت-لـ-رجل-ف/
https://www.albayan.ae/five-senses/east-and-west/2012-12-10-1.1782361

About Adi Syafitrah 971 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo