[SALAH] “Foto Jokowi Pingsan dan Butuh Nafas Buatan”

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945).

Klaim tersebut tidak benar. Faktanya, foto tersebut diabadikan pada 17/08/2014 ketika Jokowi usai bermain bola bersama selebriti. Pada saat itu Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta yang juga menjadi Presiden terpilih ikut memeriahkan perayaan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-69.

= = =

KATEGORI: Konten yang Salah

= = =

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.vn/fkAN4

= = =

NARASI:

Akun Facebook Al Istighol mengunggah gambar (20/08/2020) yang memperlihatkan Joko Widodo (Jokowi) sedang rebahan dengan narasi sebagai berikut:

“Mohon 🙏🙏🙏 Bantuan Nafas Buatan untuk Teman seperjuangan kita “ Lim Hasibuan “

Dia Pingsan,Setelah kena Bogem mentah dari MUKIDI CS…

GAMBAR HANYA PEMANIS BUATAN

= = =

PENJELASAN:

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim foto Jokowi pingsan dan butuh nafas buatan adalah salah. Faktanya, foto tersebut diabadikan ketika Jokowi usai bermain sepak bola di Waduk Pluit pada 17/08/2020 bersama para artis saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta sekaligus Presiden terpilih Jokowi, ikut memeriahkan perayaan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-69. Bersama dengan warga dan para artis, Jokowi bermain sepak bola di kawasan Waduk Pluit, Jakarta Utara. Jokowi sendiri bermain dengan waktu yang cukup singkat, hanya dua menit.

Dengan demikian, klaim foto Jokowi pingsan dan butuh nafas buatan adalah salah, karena konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah.

= = =

REFERENSI:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNPGwvWK-cak-fakta-foto-jokowi-pingsan-butuh-nafas-buatan-ini-faktanya

https://www.merdeka.com/foto/peristiwa/414459/20140817174755-jokowi-kelelahan-usai-main-bola-di-waduk-pluit-001-dru.html

https://www.liputan6.com/showbiz/read/2092249/saat-jokowi-main-bola-bareng-artis-dan-warga-di-perayaan-hut-ri

https://www.tribunnews.com/nasional/2014/08/17/main-bola-bareng-artis-jokowi-cetak-satu-gol