[SALAH] Logo HUT Kemerdekaan RI ke-75 Mengandung Simbol Seperti Tanda Salib

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Bukan simbol salib tetapi supergraphic yang mengambarkan nilai luhur Pancasila dan telah diklarifikasikan oleh istana bahwa hal itu bukanlah tanda salib.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook

archive.vn/7QCxG

= = = = =

NARASI:

β€œTim kreator Logo HUT RI cebong kristus, uang negara diembat, makna HUT RI dikacaukan dg logo Salib.”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar status dari akun Facebook Dewi Asmara Siangin dengan narasi berisikan bahwa makna logo HUT Kemerdekaan RI ke-75 dikacaukan dengan logo salib. Status ini telah dikomentari sebanyak 1 kali

Menurut artikel berita dari cnnindonesia.com, Kementerian Sekretariat Negara mengklarifikasikan tentang isu logo peringatan HUT ke-75 kemerdekaan RI yang disebut menyerupai simbol salib yang sempat beredar dan diprotesi oleh beberapa ormas yang keberatan karena hal tersebut.

Sekretaris Kemensetneg Setya Utama menjelaskan bahwa logo tersebut sudah sesuai dengan pedoman visual penggunaan logo peringatan HUT ke-75 yang bisa diakses pada website setneg.go.id. Logo yang disebut seperti simbol salib adalah supergraphic yang terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekonstruksi logo 75 tahun yang dipecah menjadi 10 bagian yang mempresentasikan komitmen dan nilai luhur Pancasila. Penggunaan supergraphic ini cukup fleksibel dalam pengaplikasiannya karena bersifat abstrak yang kemudian dipasangkan pada foto, banner, media sosial, maupun spanduk ucapan.

Melihat dari penjelasan tersebut, logo HUT Kemerdekaan RI ke-75 mengandung simbol seperti tanda salib adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://news.detik.com/berita/d-5127329/ngabalin-jawab-isu-viral-logo-kemerdekaan-ri-bukan-tanda-salib

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200810191415-20-534222/istana-klarifikasi-logo-hut-ri-mirip-salib

https://www.setneg.go.id/view/index/peringatan_hari_ulang_tahun_ke_75_kemerdekaan_republik_indonesia_tahun_2020