[SALAH] Pohon Natal pada Lambang Sumatera Barat

Hasil Periksa Fakta Rizky Abdul Aziz (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Bukan pohon natal, gambar tersebut adalah atap masjid bertingkat tiga yang melambangkan salah satu dari bentuk rumah ibadah khas menurut arsitektur alam Minangkabau Asli.

= = = = =

KATEGORI: SATIRE/PARODI

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK

http://archive.vn/30k6X

= = = = =

NARASI:

“ADA POHON NATAL DI LOGO SUMBAR

Sumatera Barat adalah provinsi yang sangat religius dimana Jokowi hanya dapat 14% suara saja disana dan 50% kursi DPRD dikuasai oleh Gerindra, PKS dan PAN (partai2 Tuhan kata mbah Amin).

Tapi apa yang terjadi Sodara? Di lambang daerah Sumbar ternyata ada simbol Pohon Natal. Harusnya kan pohon korma. Atau ya setidaknya pohon pisang jangan pohon cemara, kata ustadz balonku ada lima.

Takbir !!! Rapatkan barisan, tegakkan kebenaran……

Salam Baper”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Muhammad Zazuli mengunggah status pada tanggal 17/8/2020 berupa gambar lambang dari provinsi Sumatera Barat. Dalam narasinya pemilik status menyebutkan bahwa dalam lambang tersebut terdapat logo pohon natal.

Setelah ditelusuri melalui laman infolengkap.com, logo tersebut bukan merupakan pohon natal namun merupakan logo atap masjid bertingkat tiga dan bergonjong satu. Logo tersebut melambangkan salah satu dari bentuk rumah ibadah yang khas menurut arsitektur alam Minangkabau asli. Hal ini menunjukkan agama Islam sebagai salah satu agama yang dipeluk masyarakat Sumatra Barat pada umumnya. Narasi pada status dimaksudkan sebagai bentuk sindiran pada pihak tertentu terkait simbol keagamaan.

Beberapa pemberitaan lain menunjukan keunikan asli masjid-masjid yang ada di Sumatera Barat dan memiliki atap tiga tumpuk seperti pada lambang Sumatera Barat. Seperti masjid Gadang Balai nan Duo, Masjid Asasi dan Surau Gadang Sigando yang ketiganya berlokasi di Sumatera Barat. Dari penelusuran diatas klaim yang menyebut terdapat logo pohon natal pada lambang Sumatera Barat termasuk Satir/Parodi karena dimaksudkan untuk menyindir pihak tertentu.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.infolengkap.com/2015/01/arti-logo-atau-lambang-provinsi-sumatera-barat.html

http://archive.vn/3Lcsr

https://daerah.sindonews.com/read/42859/29/masjid-asasi-tertua-kedua-di-indonesia-dengan-arsitektur-unik-gabungan-3-budaya-1590163514