[SALAH] “Pendeta Anies Baswedan Sedang Berkhotbah Membawakan Renungan Tentang Kiamat Air Bah”

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945).

Informasi tersebut menyesatkan. Foto tersebut diabadikan ketika Anies Baswedan memberikan sambutan Natal pada tahun 2018 di Gereja Andreas Kim Taegon, Jakarta Utara. Diketahui, dalam rangka safari gereja menjelang Natal 2018 Anies Baswedan melakukan peninjauan ke sejumlah gereja yang ada di Ibu Kota.

= = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = =

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.vn/eJhWJ

= = =

NARASI:

Akun Facebook Chiba Hideyoshi mengunggah gambar pada tanggal 16/8/2020 yang memperlihatkan Anies Baswedan sedang berada di Gereja dengan menambahkan narasi pada unggahannya itu sebagai berikut:

“PENDETA ANIES BASWEDAN.. SEDANG BERKHOTBAH membawakan renungan tentang kiamat air bah 😛”

===

PENJELASAN:

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut diabadikan ketika Anies Baswedan memberikan sambutan Natal pada tahun 2018 di Gereja Andreas Kim Taegon, Jakarta Utara.

Dalam sambutannya, Anies menyampaikan terpukau atas keindahan asitektur dalam gereja tersebut. Anies mengisyaratkan keindahan arsitektur gereja sebagai representasi dari hati yang indah dan teduh. Dengan adanya perayaan natal ini, diharapkan dapat meneguhkan kembali rasa persahabatan, persaudaraan, dan persatuan.

“Ketika saya tadi datang sampai di depan, menyaksikan sebuah bangunan gereja yang amat indah, yang amat anggun, saya menjabarkan semangat untuk beribadah yang amat kuat,” kata Anies saat ditemui di Gereja St. Andreas Kim Taegon, Jakarta Utara, Senin (24/12/2018), dilansir dari Suara.com.

Diketahui, dalam rangka safari gereja menjelang Natal 2018 Anies Baswedan melakukan peninjauan ke sejumlah gereja yang ada di Ibu Kota. Mengawali kunjungan, Anies meninjau Gereja Kathedral di Jakarta Pusat, kemudian berlanjut ke Gereja Andreas Kim Taegon di Jakarta Utara, Gereja Mawar Sharon di Jakarta Utara, Gereja Paulus di Jakarta Pusat, dan mengakhiri tinjauan di Gereja GPBI Immanuel di Jakarta Pusat.

= = =

REFERENSI:

https://www.teras.id/news/pat-2/124015/safari-ke-5-gereja-anies-baswedan-sebut-perayaan-natal-aman

https://archive.vn/NncEA

https://www.suara.com/news/2018/12/24/191232/anies-terpukau-dengan-keindahan-gereja-st-andreas-kim-taegon-di-jakut