[SALAH] Video “RAHASIA ISTANA TERBONGKAR JOKOW1 TERTUNDUK”

Isi video membahas mengenai berdirinya organisasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang berasal dari sejumlah artikel dari rmol.id. Tidak ditemukan pembahasan mengenai terbongkarnya rahasia Presiden Jokowi ataupun pemerintahannya.

=====

Kategori: Misleading Content/Konten yang Menyesatkan

=====

Sumber: Facebook

https://perma.cc/ZP8C-9RC2

=====

Narasi:

“BERITA TERKINI !!

RAHASIA ISTANA TERBONGKAR

JOKOW1 TERTUNDUK..”

=====

Penjelasan:

Akun Facebook Skema pholitik mengunggah video dengan disertai narasi “BERITA TERKINI !! RAHASIA ISTANA TERBONGKAR JOKOW1 TERTUNDUK..” Video tersebut sudah dibagikan sebanyak 544 kali dan mendapat reaksi sebanyak 1900 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa klaim isi video tersebut tidak sama dengan klaim narasi. Sebab, isi video tersebut hanya membahas mengenai munculnya organisasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang mengumumkan kehadirannya pada 2 Agustus 2020.

Adapun, isi video tersebut merupakan pembacaan beberapa artikel dari rmol.id yang tayang pada 3 Agustus 2020. Artikel rmol.id pertama yang dibacakan narator dalam video tersebut yakni artikel berjudul “Supaya Indonesia Tidak Oleng Dan Karam, Rektor Ini Apresiasi Terbentuknya Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia.”

Artikel kedua yakni artikel berjudul “Kenapa Datang Di Pra Deklarasi KAMI? Refly Harun: Hal-hal Yang Baik Harus Ikut.” Lalu, artikel berjudul “Pengamat: KAMI Hadir Karena Pengelolaan Bangsa Carut-marut Dan Oposisi Seakan Mandul.” Dan, artikel keempat ialah artikel berjudul “Din Syamsuddin Pastikan KAMI Bukan Gerakan Ingin Memakzulkan Rezim.”

Dari keempat artikel tersebut tidak ditemukan pembahasan mengenai rahasia pemerintah ataupun rahasia Presiden Joko Widodo. Oleh sebab itu, konten video tersebut masuk ke dalam kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1259437617722104/

https://politik.rmol.id/read/2020/08/03/446389/supaya-indonesia-tidak-oleng-dan-karam-rektor-ini-apresiasi-terbentuknya-koalisi-aksi-menyelamatkan-indonesia

https://politik.rmol.id/read/2020/08/03/446343/kenapa-datang-di-pra-deklarasi-kami-refly-harun-hal-hal-yang-baik-harus-ikut

https://politik.rmol.id/read/2020/08/03/446399/pengamat-kami-hadir-karena-pengelolaan-bangsa-carut-marut-dan-oposisi-seakan-mandul

https://politik.rmol.id/read/2020/08/03/446398/din-syamsuddin-pastikan-kami-bukan-gerakan-ingin-memakzulkan-rezim

https://www.indozone.id/news/OjsZbv3/kami-gerakan-moral-selamatkan-indonesia-yang-terpuruk/read-all