[SALAH] “Gunakan Bagian Putih Masker Di Luar Saat Tidak Sakit, Gunakan Bagian Biru Masker Di Luar Saat Sakit”

Mengacu kepada imbauan WHO, penggunaan masker medis yang benar ialah bagian putih di dalam dan bagian biru di luar. Lalu, berdasarkan hasil eksperimen yang dilakukan smartairfilters.com, diketahui bahwa sisi warna biru pada masker medis memiliki ketahanan lebih kuat menangkal partikel dari luar untuk masuk ke mulut dan hidung ketimbang sisi warna putih.

=====

Kategori: False Context/Konten yang Salah

=====

Sumber: Facebook

https://archive.fo/Cr1sx

=====

Narasi:

Narasi postingan:

“FYI: pass along the info”

Narasi pada gambar:

“a mask:

White side out: Filter- When your not sick and want to keep virus out

Blue side out: to keep germs in when your sick, to stop them from”

=====

Penjelasan:

Akun Facebook Talibah Begay mengunggah gambar yang menyatakan bahwa penggunaan sisi masker medis. Dalam gambar tersebut disebutkan bahwa ketika tidak sakit maka sisi putih masker digunakan pada bagian luar sedangkan saat sakit maka masker bagian biru digunakan pada bagian luar.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim postingan itu keliru. Melalui Kanal Youtubenya, WHO menganjurkan penggunaan masker medis yang benar ialah bagian putih di dalam dan bagian berwarna biru di luar. Lalu, penggunaan masker medis disarankan sekali pakai. Selain menggunakan masker, WHO menyarankan, untuk menangkal diri dari Covid-19 juga harus melakukan pembatasan jarak minimal satu meter dan rajin mencuci tangan. Selain itu, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut menggunakan masker.

Lalu, mengacu kepada hasil eksperimen smartairfilters.com, diketahui bahwa sisi berwarna biru pada masker medis lebih mampu menangkal partikel dari luar ketimbang sisi berwarna putih. Sisi warna biru pada masker medis mampu menangkal partikel hingga 98,6 persen bila dibandingkan sisi putih, yakni sebesar 96,9 persen.

Dilansir dari usatoday.com, Dr. Wing Hong Seto, co-director of the WHO Collaborating Center for Infectious Disease Epidemiology and Control menyatakan bahwa sisi bagian biru memiliki kelebihan anti air sedangkan sisi warna putih bersifat penyerap. “Warna biru di luar karena tahan air dan ada putih di dalam karena bersifat penyerap. Jadi, jika saya batuk, (sisi warna putih) akan menyerapnya,” ujarnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1259454361053763/

https://leadstories.com/hoax-alert/2020/07/fact-check-different-sides-of-surgical-masks-do-not-serve-different-purposes.html

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2020/04/15/fact-check-disposable-masks-should-always-worn-colored-side-out/2993699001/