[SALAH] Cara Pemakaian Masker Yang Benar

Informasi di video ini salah, karena sisi putih yang lebih halus didesain untuk bersentuhan dengan kulit, dan bentuk lipatan sisi hijau yang mengarah ke bawah didesain untuk tidak menampung debu dan kotoran. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=======================

Kategori: Fabricated Content / Konten yang Dibuat-buat

=======================

NARASI :


Beredar video mengenai cara pemakaian masker yang benar: untuk orang sakit, sisi hijau di sebelah luar, untuk orang sehat, sisi hijau di sebelah dalam, dengan alasan bagian putih adalah filter untuk mencegah kuman lewat.

“Selama ini ternyata masih banyak yg keliru,termasuk saya..😁😁”

SUMBER: Posting oleh Jane Lieze Monde (https://www.facebook.com/jeane.monde) https://web.archive.org/web/20190205233615/https://www.facebook.com/jeane.monde/posts/1512613578871732, Sudah dibagikan lebih dari 34 ribu kali.

=======================

PENJELASAN dan REFERENSI:

[1] Anda Bertanya Sains Menjawab https://www.facebook.com/groups/AndaBertanyaSainsMenjawab/permalink/2111069385606733/

Pemakaian masker yang benar adalah bagian hijau diluar, dan strip besi di atas hidung. lalu strip ditekan dengan tangan ke hidung agar rapat dengan hidung.
bagian putih dari masker dibuat lebih lembut utk kenyamanan kulit. bagian hijau masker dibuat berlipat ke bawah agar tidak ada debu/partikel yang menyangkut saat dipakai.

[2] Cara Memakai Masker yang Benar Agar Tidak Menghirup Debu Polusi Udara https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/cara-memakai-masker-wajah/

Cari sisi luar masker. Jika masker Anda memiliki dua warna berbeda (umumnya hijau dan putih), sisi luar masker adalah yang berwarna hijau. Maka, sisi putihlah yang menempel langsung dengan kulit Anda sementara lapisan hijau menghadap ke luar.

[3] Salah kaprah penggunaan masker penutup hidung, begini yang benar https://m.brilio.net/news/salah-kaprah-penggunaan-masker-penutup-hidung-begini-yang-benar-1509195.html

Di dalam masker ini terdiri dari tiga lapisan: 
1. Lapisan paling dalam yang berwarna putih. Ini adalah lapisan yang paling nyaman karena bersentuhan dengan kulit wajah kita. 
2. Lapisan tengan adalah filter statis. Lapisan ini terbuat dari bahan yang disebut spunbond non woven. Fungsinya adalah untuk menghalangi apabila air liur yang mengandung penyakit menyebar seperti batuk atau bersin. 
3. Lapisan luar yang merupakan material khusus mencegah masuknya mikropartikel.

Dengan memperhatikan susunan ini, maka menggunakan masker secara terbalik justru tidak menguntungkan karena wajah akan bersentuhan dengan lapisan yang kasar sehingga ada kemungkinan terjadi iritasi.

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/831891737143363/

About Adi Syafitrah 396 Articles
noob, nerd,