[SALAH] “Cita-cita kalian sudah saya wujudkan yakni menjadikan Indonesia Negara Komunis terbesar di dunia”

Kutipan tersebut palsu, yang adalah hasil suntingan. Sementara foto yang digunakan merupakan momen saat Presiden Joko Widodo tengah meresmikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran (23/7).

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: MISLEADING CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI:

Wahai kawan kawan gerilya yang tergabung dalam Partai Komunis Indonesia. Cita-cita kalian sudah saya wujudkan yakni menjadikan Indonesia sebagai Negara Komunis terbesar di dunia.

===

PENJELASAN: Melalui media sosial Facebook, akun @HendraGunawan membagikan foto yang mempelihatkan Presiden RI Joko Widodo tengah menyampaikan pidato. Unggahan tersebut dibarengi dengan narasi “Cita-cita kalian sudah saya wujudkan yakni menjadikan Indonesia sebagai Negara Komunis terbesar di dunia”. Jika melihat dari padanan gambar yang digunakan, unggahan akun @HendraGunawan tentu dapat menggiring opini bahwa narasi tersebut dilontarkan oleh Jokowi.

Coba melakukan penelusuran dengan mesin pencari gambar milik google, diketahui bahwa foto serupa pernah digunakan oleh medcom.id pada pemberitaan “Jokowi Pastikan RS Darurat Korona Wisma Atlet Siap Digunakan”. Mengutip pada isi berita tersebut, diketahui bahwa orang nomor satu di Indonesia itu tengah meninjau Rumh Sakit Darurat Penanganan Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran.

Usai melakukan peninjaun Wisma Atlet, Jokowi diketahui mengadakan konferensi pers yang menyatakan jika Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran siap menampung tiga ribu pasien.

“Wisma Atlet memiliki kapasitas 24.000 orang, yang saat ini telah disiapkan adalah untuk 3.000 pasien dengan wilayah ruang yang telah ditata dengan manajemen yang baik,” pungkas Jokowi.

Jika mengacu pada referensi yang ada, bisa disimpulkan bahwa Jokowi tidak pernah memberikan pernyataan seperti halnya klaim yang diberikan akun @HendraGunawan. Sementara foto tenaga medis yang merangkai kata “BACOT!” juga tidak benar. Foto tersebut sudah melalui proses penyuntingan, di mana foto asli bertuliskan #STAY AT – HOME – AND – HELP – US – PLEASE.

===

REFERENSI:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/akW5R9WN-cek-fakta-jokowi-sebut-telah-menjadikan-indonesia-negera-komunis?
https://nasional.kontan.co.id/news/jokowi-pastikan-wisma-atlet-dapat-tampung-3000-pasien-virus-corona
https://www.medcom.id/foto/news/1bVj4Eab-jokowi-pastikan-rs-darurat-korona-wisma-atlet-siap-digunakan
http://archive.fo/qp7gY
https://web.facebook.com/groups/281730816561249/permalink/350382303029433/