[SALAH] Foto “Pesinden 2024”

Foto hasil suntingan dari foto Yuni Shara hasil jepretan fotografer kapanlagi.com Muhammad Rasyad. Foto tersebut merupakan potret Yuni Shara saat menghadiri Pagelaran Agung Keraton Sedunia di Hotel Borobudur pada 5 Desember 2013.

=====

Kategori: Manipulated Content/Konten yang Dimanipulasi

=====

Sumber: Facebook

https://archive.fo/Eugbr

=====

Narasi:

Narasi postingan:

“Wong EDAN sih bebas…

Mau jadi Onta kek… jadi Gudeg kek… Bebasssss……”

Narasi dalam foto:

“PESINDEN 2024

NGAKUNYA SIH ASLI JAWA TAPI BO’ONG”

=====

Penjelasan:

Akun Facebook Al Bial memposting foto dengan tulisan “PESINDEN 2024 NGAKUNYA SIH ASLI JAWA TAPI BO’ONG.” Bersama dengan postingan itu, akun tersebut menuliskan narasi postingan sebagai berikut: “Wong EDAN sih bebas… Mau jadi Onta kek… jadi Gudeg kek… Bebasssss……”

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari liputan6.com, foto tersebut merupakan hasil suntingan dari foto Yuni Shara saat menggunakan kebaya. Foto Yuni Shara mengenakan kebaya tersebut diabadikan oleh fotografer kapanlagi.com Muhammad Rasyad.

Diketahui pula, momen Yuni Shara mengenakan kebaya itu saat menghadiri cara Pagelaran Agung Keraton Sedunia di Hotel Borobudur pada 5 Desember 2013.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten tersebut masuk ke dalam kategori Manipulated Content atau Konten yang Dimanipulasi.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1242870449378821/

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4313923/cek-fakta-hoaks-foto-anies-baswedan-pakai-konde

https://www.kapanlagi.com/foto/berita-foto/indonesia/27445yuni_sara_di_acara_gala_dinner_raja_dan_artu_seduniadalam_rangkaian_acara_pagelaran_agung_keraton_sedunia_rabu_4_desember_2013-20131205-012-acat.html