[SALAH] Foto “Heboh, Israel Ubah Masjid Bersejarah Jadi Bar”

Tidak terkait dengan perubahan Masjid Al-Ahmar terletak di kota Safed, Israel menjadi tempat hiburan malam pada tahun 2019. Foto itu adalah muslim melaksanakan salat di tempat parkir di kota Jaffa, Israel, pada tanggal 20 Mei 2020, saat masjid ditutup karena pandemi COVID-19.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Online Shop (fb.com/mksdagang.id) mengunggah gambar yang menunjukkan sekelompok orang sedang salat dan terdapat narasi “Heboh, Israel Ubah Masjid Bersejarah Jadi Bar”

Sebagian status unggahan itu berbunyi: “Sebuah kabar menghebohkan datang dari Israel. Ternyata, Israel mengubah bangunan bersejarah Masjid Al Amar menjadi sebuah bar atau aula pesta pernikahan sejak 2019 lalu. Masjid Al Amar ini merupakan salah satu bangunan bersejarah Palestina dari abad ke-13 yang berada di Safed. Masjid itu berada di kewenangan otoritas Israel sejak 1948.”

Sumber : https://perma.cc/3GMF-G9WF (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim dengan gambar yang menunjukkan sekelompok orang sedang salat terkait dengan Israel yang mengubah bangunan bersejarah Masjid Al Amar menjadi sebuah bar adalah klaim yang salah.

Faktanya, foto itu tidak terkait dengan perubahan Masjid Al-Ahmar terletak di kota Safed, Israel menjadi tempat hiburan malam pada tahun 2019. Foto itu adalah muslim melaksanakan salat di tempat parkir di kota Jaffa, Israel, pada tanggal 20 Mei 2020, saat masjid ditutup karena pandemi COVID-19.

Foto itu adalah foto Associated Press tertanggal 10 Mei 2020, dan menunjukkan pria muslim salat di tempat parkir di Jaffa. Foto itu dipublikasikan di situs AP Images.

Diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, keterangan foto itu berbunyi: “Para pria muslim menjaga jarak sosial ketika salat setelah berbuka puasa, di tempat parkir karena masjid tetap ditutup untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona selama bulan suci Ramadan, di kota campuran Yahudi Arab di Jaffa, dekat Tel Aviv, Israel, Minggu, 10 Mei 2020.”

Sementara itu, Masjid Al-Ahmar terletak di kota Safed, Israel dan diubah menjadi tempat hiburan malam, menurut laporan Gulf News di bulan April 2019. Jaffa terletak sekitar 170 kilometer dari Safed, seperti yang terlihat di Google Maps.

REFERENSI
https://periksafakta.afp.com/foto-ini-memperlihatkan-orang-muslim-salat-di-tempat-parkir-di-israel-saat-pandemi-covid-19
http://www.apimages.com/metadata/Index/APTOPIX-Virus-Outbreak-Israel-Ramadan/ec0a7e46f889415bae0aacabae9c1ec5/24/0
https://gulfnews.com/world/mena/israel-converts-historic-mosque-into-nightclub-1.63325835
https://bit.ly/JarakSafedkeJaffa

About Adi Syafitrah 1334 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo