[SALAH] “Kamis Besok, FPI-PA 212 DEMO DEPAN DPR RI Stok makanan di rumah menipis Lumayan dapat nasi bungkus+15.000”

Judul suntingan / editan. Judul asli artikel itu adalah “Kamis Besok, Buruh dan PA 212 Bakal Kepung DPR”, dimuat di situs Tagar.id pada 15 Juli 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun JE Almeida (fb.com/je.almeida.54) mengunggah sebuah gambar yang seolah merupakan tangkapan layar artikel berjudul “Kamis Besok, FPI-PA 212 DEMO DEPAN DPR RI Stok makanan di rumah menipis Lumayan dapat nasi bungkus+15.000” dari situs Tagar.id yang dimuat pada Rabu 15 Juli 2020 pukul 01.30 WIB.

Sumber: https://archive.vn/kB1fe (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim adanya artikel berjudul “Kamis Besok, FPI-PA 212 DEMO DEPAN DPR RI Stok makanan di rumah menipis Lumayan dapat nasi bungkus+15.000” yang dimuat di situs Tagar.id adalah klaim yang salah.

Faktanya, judul artikel tersebut adalah judul hasil editan atau suntingan. Judul asli artikel itu adalah “Kamis Besok, Buruh dan PA 212 Bakal Kepung DPR”.

Di dalam artikel itu, dijelaskan kelompok buruh dan organisasi masyarakat (ormas) Persaudaraan Alumni (PA) 212 akan menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Kamis, 16 Juli 2020. Meski aksi dilakukan di hari dan tempat yang sama, tapi masing-masing kelompok bakal menyuarakan isu yang berbeda.

Tujuan kelompok buruh hendak mendesak penghentian pembahasan Omnibus Law atau Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja. Sementara, PA 212 datang ke Senayan untuk menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Ketua Serikat Pekerja Media dan Industri Kreatif untuk Demokrasi (SINDIKASI) Ellena Ekarahendy menuturkan posisi politik Gebrak adalah menolak keseluruhan klaster dalam Omnibus Law RUU Cilaka.

Sementara itu, Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif mengklaim gelombang demonstrasi penolakan RUU HIP jilid II di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, 16 Juli 2020 nanti akan lebih besar dari aksi sebelumnya, karena didukung sedikitnya 174 ormas. Slamet Maarif pun optimistis aksi ini dapat berjalan lancar seperti aksi pertama. Dia mengklaim aksi akan berjalan damai dan kondusif. Slamet Maarif juga mengklaim akan menerapkan protokol kesehatan.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yNLG5wvK-fpi-dan-pa-212-demo-depan-dpr-dapat-nasi-bungkus-serta-rp15-ribu
https://www.tagar.id/kamis-besok-buruh-dan-pa-212-bakal-kepung-dpr

About Adi Syafitrah 929 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo