[SALAH] Video “GEDUNG MOONTON KEBARAKAN!!!MOBILE LEGEND DITUTUP SEMENTARA

Informasi tersebut tidak benar. Video yang tersebar merupakan potongan-potongan foto kejadian kebarakan Gedung Wisma Kosgoro di Jalan MH Thamrin yang terjadi pada tahun 2015 silam. Humas Moonton Indonesia turut serta menegaskan bahwa kondisi kantornya dalam keadaan aman.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FALSE CONTEXT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI:

Tadi malam tak bisa online mobile legends
Pantasan gedung nya terbakar😆

===

PENJELASAN: Melalui media sosial Facebook, akun @ApriSitanggang membagikan informasi terkait terbakarnya gedung Moonton yang merupakan pengembang game Mobile Legends. Disebutkan bahwa akibat dari kejadian tersebut, server di Mobile Legends pun sempat mengalami gangguan. Menanggapi informasi yang tidak sesuai dengan fakta, pihak Moonton Indonesia pun angkat bicara.

Melansir dari dailyspin.id, Humas Moonton Indonesia Azwin Nugraha dengan tegas menyatakan bahwa informasi kebakaran tersebut tidak benar adanya. Azwin menjelaskan bahwa hingga saat ini kantor berada dalam kondisi aman dan tidak terjadi kebakaran seperti halnya informasi yang beredar.

“Hoaks mas, saat ini kantor aman, tidak ada kebakaran sedikitpun,” pungkasnya.

Sementara gambar yang digunakan di dalam video, diketahui merupakan potongan-potongan foto dari kejadian kebarakan Gedung Wisma Kasgoro di Jalan MH Thamrin pada tahun 2015 silam. Fakta tersebut diperoleh setelah melakukan pencarian padanan gambar dengan mesin pencari milik google.

Berdasar referensi yang ada, unggahan akun @ApriSitanggang masuk ke dalam kategori false context. False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

===

REFERENSI:

https://www.medcom.id/foto/news/5b2YeonN-wisma-kosgoro-kebakaran-25-unit-damkar-dikerahkan
https://merahputih.com/post/read/polda-periksa-12-saksi-kebakaran-wisma-kosgoro
https://web.facebook.com/bang.apri.357/posts/785560685313788
https://web.facebook.com/104549221322492/videos/874506949710994/