[SALAH] Erdogan: “Jika Joko Widodo Tidak Terjun ke Politik, Maka Para Penjahatlah yang Akan Mengisinya”

Unggahan foto Presiden Turki, Erdogan dengan kutipan “Jika Joko Widodo Tidak Terjun ke Politik, Maka Para Penjahatlah yang Akan Mengisinya” adalah tidak benar. Foto Presiden Erdogan tersebut berasal dari Reuters yang dijadikan sampul pada artikel okezone.com dengan judul “Erdogan: Turki Tidak Akan Tunduk pada Amerika”. Kemudian tidak ditemukan juga pemberitaan dari media daring dengan judul dan isi berita seperti klaim kutipan tersebut.

=====

KATEGORI: Konten yang Salah

=====

SUMBER: Facebook ( https://archive.fo/EU02O )

=====

NARASI:

“Jika Joko Widodo Tidak Terjun ke Politik, Maka Para Penjahatlah yang Akan Mengisinya,” kutipan dan foto dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan yang diunggah akun Facebook Bayes Dika atau @bayes.dika, Jumat (3/7).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Bayes Dika atau @bayes.dika mengunggah foto Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan yang ditambahkan kutipan “Jika Joko Widodo Tidak Terjun ke Politik, Maka Para Penjahatlah yang Akan Mengisinya,” pada Jumat (3/7).

Setelah menelusuri melalui mesin pencari, unggahan akun Facebook Bayes Dika diketahui salah atau keliru.

Dengan diketikan kalimat kutipan yang diklaim akun Facebook Bayes Dika tersebut pada mesin pencari, hasilnya tidak ditemukan berita dari media daring dengan judul dan isi berita serupa.

Selain itu, foto asli Presiden Erdogan itu, pernah ditayangkan oleh okezone.com pada artikel berjudul “Erdogan: Turki Tidak Akan Tunduk pada Amerika” pada Minggu, 19 Agustus 2018. Dalam foto tersebut dituliskan keterangan “Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto/Reuters”.

Dengan begitu, unggahan akun Facebook Bayes Dika menurut kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat disebut sebagai False Context atau Konten yang Salah dengan arti Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah.

=====

REFERENSI:

1. https://archive.fo/EU02O
2.https://www.facebook.com/groups/282806375631591/permalink/712765762635648/?_rdc=1&_rdr
3.https://news.okezone.com/read/2018/08/19/18/1938479/erdogan-turki-tidak-akan-tunduk-pada-amerika