[SALAH] “RIPKA TJIPTANING : SAYA SENANG PKI BANGKIT LAGI, KAMI PASTI BISA…”

Tidak ditemukan artikel dari media daring dengan judul seperti tangkapan layar yang diunggah akun Facebook Haris Ibnusabil. Politisi PDIP sekaligus anggota DPR RI, Ribka Tjiptaning sebelumnya juga sudah membantah tudingan yang mengatakan dirinya membangkitkan PKI kembali. “Di PDI-P saja aku ditugasin Mbak Mega untuk masalah sosial aja waktunya sudah tersita banyak, apalagi mau bikin PKI,” kata Ribka.
=====


KATEGORI: Konten yang Menyesatkan
=====


SUMBER: Facebook
https://archive.fo/EhMXq
=====


NARASI:
“RIPKA TJIPTANING : SAYA SENANG PKI BANGKIT LAGI, KAMI PASTI BISA…,” tangkapan layar dari SEPUTARBERITAINDONESIABLOGSPOT.COM yang diunggah akun Facebook Haris Ibnusabil atau @haris.ibnusabil, Senin (22/6).
=====


PENJELASAN:
Akun Facebook Haris Ibnusabil atau @haris.ibnusabil mengunggah tangkapan layar dari SEPUTARBERITAINDONESIABLOGSPOT.COM dengan judul artikel “RIPKA TJIPTANING : SAYA SENANG PKI BANGKIT LAGI, KAMI PASTI BISA…,” pada, Senin (22/6).
Setelah menelusuri melalui mesin pencari, diketahui unggahan tangkapan layar dari akun Facebook Haris Ibnusabil tersebut adalah salah atau keliru.
Dengan mengetikan kata yang serupa dari tangkapan layar pada mesin pencari, tidak ditemukan artikelnya. Media daring atau online pun tidak menayangkan berita yang sama dengan judul tersebut.
Selain itu, foto Politisi Partai Indonesia Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga anggota DPR RI, Ribka Tjiptaning aslinya adalah karya Jurnalis Kompas yakni, Alsadad Rudi. Foto Ribka ini dipakai sebagai sampul dalam artikel berjudul “PDI-P Tak Permasalahkan Adanya Politik Dinasti” yang ditayangkan pada 13 Juli 2015 lalu.
Sebelumnya Ribka juga sudah membantah jika dirinya disebut membangkitkan PKI kembali. “Di PDI-P saja aku ditugasin Mbak Mega untuk masalah sosial aja waktunya sudah tersita banyak, apalagi mau bikin PKI,” kata Ribka.
Ribka mengaku tidak mau mempermasalahkan pernyataan Kivlan Zen yang menudingnya sebagai anggota PKI yang masuk parlemen.
Selama ini, ia sering mendapat cibiran negatif dari sejumlah pihak terkait status orangtuanya yang merupakan anggota PKI. “Malah membuat saya terkenal, kampanye gratis,” ujar Ribka.
=====


REFERENSI:
1. https://archive.fo/EhMXq
2.https://www.facebook.com/photo.php?fbid=2672361673039162&set=p.2672361673039162&type=3&theater
3.https://nasional.kompas.com/…/disebut.anggota.pki.yang
4.https://sains.kompas.com/…/PDIP.Tak.Permasalahkan