[SALAH] “Di film kapten amerika, capten steve bangun pada masa modern dan kamu bisa lihat virus corona”

Bukan ilustrasi Virus Corona COVID-19 tapi spaghetti. Papan iklan di atas bahu kiri Captain America, Steve Rogers merupakan iklan untuk pasta Barilla.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Akun costumarvel (fb.com/100973851645751) mengunggah sebuah gambar dengan narasi sebagai berikut:

“Di fi kapten amerika, capten steve bangun pada masa modern dan kamu bisa lihat virus corona Repost @marvel2k19__ • • • • • • Follow me for more #anthonymackie #sebastianstan #wyattrussell #zemo #disneyplus #thefalconandthewintersoldier #thanosdidnothingwrong #blackpanther2 #avengers #endgame #infinitywar #chrisevans #chrishemsworth #captainamerica #thor #falconandthewintersoldier #hawkeye #infintywar #marvelindonesia #marvelindo #konspirasi”

Di gambar yang diunggah, terdapat narasi berbahasa Inggris sebagai berikut: “IN CAPTAIN AMERICA, STEVE ROGERS AWAKENS IN MODERN TIMES, AND YOU CAN SEE A CORONA AND A VIRUS” , “DID YOU KNOW?” dan “DON’T LIE TO ME ROGERS, DID YOU KNOW?”

Sumber : https://archive.md/4wXLh (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa di film “Captain America: The First Avenger” pada tahun 2011, kita bisa melihat virus Corona adalah klaim yang salah.

Bukan ilustrasi Virus Corona COVID-19 tapi spageti. Papan iklan di atas bahu kiri Captain America, Steve Rogers merupakan iklan untuk pasta Barilla.

Dilansir dari India.com, seorang kritikus film bernama William Mullally dari The Cutaway, menuliskan sejumlah tweet untuk menghilangkan prasangka dan mengklarifikasi bahwa itu bukan simbol virus di papan iklan film Marvel Studios.

Dikutip dari tweet yang ditulis William Mullally di akun Twitternya (twitter.com/whmullally) pada 11 Juni 2020, isi papan iklan di atas bahu kiri Captain America bukanlah simbol Virus Corona COVID-19 tapi adalah spageti.

Berdasarkan artikel periksa fakta oleh Snopes.com yang berjudul “Did ‘Captain America’ Movie Predict the Coronavirus Pandemic?”, dijelaskan bahwa gambar di papan iklan itu adalah desain papan iklan umum, yang menunjukkan pasta Barilla dalam bentuk kembang api.

Adegan penutup “Captain America” ​​difilmkan di lokasi di Times Square, yang berarti banyak dari iklan di latar belakang benar-benar ditampilkan di New York di dunia nyata sekitar waktu film itu difilmkan. Gambar Shutterstock 2011 ini, misalnya, menunjukkan banyak papan iklan yang sama (termasuk bir Corona Light dan iklan pasta Barilla yang diklaim sebagai tanda “coronavirus”) di Times Square.

Berdasarkan video berjudul “Steve Rogers Wakes Up 70 Years Later “I Had A Date” Captain America: The First Avenger (2011)”, papan iklan itu bisa dilihat di menit ke 02:10.

REFERENSI
https://www.india.com/viral/fake-news-film-critics-debunk-conspiracy-theorists-claims-of-captain-america-predicting-covid-19-and-george-floyd-protests-in-2011-4056838/
https://twitter.com/whmullally/status/1271109221975838720
https://www.snopes.com/fact-check/captain-america-coronavirus-pandemic/
https://www.adsoftheworld.com/media/print/barilla_happy_new_year
https://onlocationvacations.com/2011/04/23/captain-america-filming-in-times-square-today/
https://www.shutterstock.com/image-photo/new-york-city-jan-7-nighttime-71745475
https://www.flickr.com/photos/jimmysvensson/6117795267/in/photolist-ajBioK
https://lareclame.fr/barilla+bonne+annee+2011
https://www.youtube.com/watch?v=gZa82Xz1nys

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo