[SALAH] Akun Facebook Eko Frananda Prajurit TNI AD

Akun tersebut bukan milik Anggota TNI AD. Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Nefra Firdaus menyatakan pemilik akun Eko Franada telah menggunakan foto prajurit TNI AD yang identitas sebenarnya adalah Prajurit Satu AA dari satuan Perbekalan dan Angkutan Kodam Iskandar Muda (Aceh).

=====

Kategori: Imposter Content/Konten Tiruan

=====

Sumber: Facebook

https://archive.fo/TUxnp

=====

Narasi:

Akun Eko Frananda menuliskan dengan foto profil dan menuliskan diri sebagai anggota dari TNI AD.

=====

Penjelasan:

Akun Facebook Eko Frananda dengan menggunakan foto profil dan menuliskan dirinya sebagai anggota dari TNI AD. Akun tersebut sempat melemparkan ujaran kebencian di sejumlah grup. Salah satu bukti ujaran kebenciannya dalam bentuk tangkapan layar dilakukan oleh akun Twitter @Yostanabe88.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa pihak TNI AD sudah merespon laporan dari @Yostanabe88. Melalui keterangan persnya, Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Nefra Firdaus menyatakan sudah melakukan penelusuran terhadap akun tersebut berdasarkan laporan dari akun @Yostanabe88.

Menurut Nefra, akun atas nama Eko Frananda merupakan akun palsu. Akun tersebut menggunakan foto prajurit TNI AD yang identitas sebenarnya adalah Prajurit Satu AA dari satuan Perbekalan dan Angkutan Kodam Iskandar Muda (Aceh).

Selain merusak dan merugikan nama pribadi Prajurit Satu AA, kata Nefra, unggahan yang dilakukan akun ini juga sangat merugikan TNI AD.

“TNI AD telah bertindak mendorong proses hukum terhadap pemilik akun media sosial di atas,” ujar Nefra.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka akun Facebook Eko Frananda bukanlah akun milik anggota TNI AD. Oleh sebab itu, akun tersebut masuk ke dalam kategori Imposter Content atau Konten Tiruan.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1204759343189932/

https://web.facebook.com/TNIAngkatanDarat/posts/2582483848681865

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200607195120-20-510795/tni-ad-minta-usut-akun-palsu-prajurit-penyebar-kebencian

https://sosok.grid.id/read/412185803/akun-facebook-dengan-profil-tni-ad-tuding-presiden-jokowi-mirip-pki-para-tentara-berang-ternyata-ini-yang-terjadi?page=all