[SALAH] Foto “Perdana Menteri Shinzo Abe disamping Presiden Filipina Duterte di museum nasional di Jepang”

Foto suntingan / editan. Foto asilnya adalah foto Presiden RI Jokowi Widodo dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang disandingkan serta terpampang besar di bagian pintu masuk Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada tahun 2016 sebagai sambutan atas kunjungan Duterte ke Indonesia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun V i r a l 2020 (fb.com/Viral2020videos) mengunggah sebuah gambar dengan narasi berbahasa Filipina sebagai berikut:

“Ctto By shoto todoroki
Habang naglalakad ako kanina dito sa kahabahan ng Shibuya, Japan. Napansin ko tong portrait ng prime minister ng Japan na si Shinz┼Ź Uzumaki Jotaro Abe na katabi ang pangulo ng Pilipinas na si president Duterte. Nakalagay sa tapat sa isa sa mga national museum dito sa Japan. Maraming tao ang bumibisita dito araw-araw para magbigay galang sa dalawang lider na ito. Iniisip ko lang, buti pa mga ibang lahi, saludo at kayang magbigay galang sa pangulo ng Pilipinas na si tatay Digong. Samantalang diyan sa Pilipinas, ay grabe kung bastos-bastusin. Nakakalungkot na mas nakikita ng mga taga ibang bansa ang husay at galing ng ating tatay Digong! Ganun paman, mas lalong nagpapatuloy ang suporta at pagmamahal ko sa ating mahal na pangulo na tatay nating lahat! Please share at ipakita sa lahat na pang international na si pangulong Duterte!
#ProudFilipino”

Atau yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia:

“Ctto By shoto todoroki
Saat aku berjalan di sini sebelumnya di Shibuya, Jepang. Saya melihat potret perdana menteri Jepang Shinzo Uzumaki Jotaro Abe di samping presiden Filipina Duterte. Ditempatkan di salah satu museum nasional di Jepang. Banyak orang berkunjung ke sini setiap hari untuk memberi hormat kepada kedua pemimpin ini. Hanya berpikir, setidaknya ras lain, hormat dan hormat kepada presiden Filipina Bapa Digong. Sementara di Filipina, saya terlalu banyak tidak hormat. Menyedihkan bahwa negara-negara asing melihat yang hebat dan hebat dan hebat! Meskipun begitu, dukungan dan cintaku untuk presiden tercinta yang merupakan ayah kita semua! Tolong bagikan dan tunjukkan kepada semua orang bahwa Presiden Duterte adalah untuk internasional!
#ProudFilipino”

Sumber : https://perma.cc/CK2X-Z6HG (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa ada foto Perdana Menteri Shinzo Abe disamping Presiden Filipina Duterte di museum nasional di Jepang adalah klaim yang salah.

Faktanya, foto itu adalah foto hasil suntingan atau editan. Foto asilnya adalah foto Presiden RI Jokowi Widodo dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang disandingkan serta terpampang besar di bagian pintu masuk Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada tahun 2016 sebagai sambutan atas kunjungan Duterte ke Indonesia.

Foto asli, salah satunya diunggah oleh akun Twitter Joseph Morong, Reporter GMA News pada 8 September 2016 dengan narasi sebagai berikut:

“A picture of Pres. Duterte is displayed at d National Monument in Indonesia wc he is set to visit” atau yang jika diterjemahkan : “Gambar Pres. Duterte ditampilkan di Monumen Nasional di Indonesia yang akan dikunjungi”

Dikutip dari detik.com, menggunakan pesawat kepresidenan Filipina, Duterte tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (8/9/2016) malam. Dari video yang di-upload di akun Facebook pemerintah Filipina, Presidential Communications (Government of the Philippines), terlihat Menkum HAM Yasonna Laoly menyambut Duterte beserta rombongan.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte memulai kunjungan kenegaraan perdananya dengan menyambangi komunitas orang Filipina (Pinoy) di Indonesia. Pertemuan Duterte dengan komunitas Pinoy dihelat di Hotel Shangrilla. Dilansir media lokal Filipina, GMA News, Jumat (9/9/2016), usai pertemuan tersebut, Duterte dijadwalkan diterima secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada sore harinya.

REFERENSI
https://twitter.com/Joseph_Morong/status/773768810222329856
https://news.detik.com/berita/3294553/disambut-menkum-yasonna-presiden-filipina-duterte-tiba-di-indonesia
https://news.okezone.com/read/2016/09/09/18/1485485/duterte-sambangi-komunitas-filipina-di-indonesia

About Adi Syafitrah 1359 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo