[SALAH] Puan Maharani Menambahkan Kata Pro Rakyat Dalam Pembukaan UUD 1945

Bukan Kata “Pro Rakyat”, kalimat tersebut adalah kesalahan audio hingga terjadi looping yang jika dicermati kata yang keluar adalah “Ruh Rakyat” pengulangan dari kalimat seluruh rakyat Indonesia di akhir pembacaan UUD. terlihat dalam vide tersebut, audio itu berulang saat dirinya telah selesai membacakan UUD 1945 dan menutup map naskah.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG SALAH

======

[SUMBER]:

http://archive.fo/3VC97

======

[NARASI]:

“Puan Maharani Tambahkan “Pro Rakyat” di Akhir Pembukaan UUD 45, Iwan Sumule: Ini Kejahatan Konstitusi!”

======

[PENJELASAN]:

Berderar sebuah artikel dari media online ikizone.com dengan judul “Puan Maharani Tambahkan “Pro Rakyat” di Akhir Pembukaan UUD 45, Iwan Sumule: Ini Kejahatan Konstitusi!”. artikel tersebut berisi klaim bahwa Ketua DPR RI, Puan Maharani menambahkan kata “Pro Rakyat” dalam pembukaan UUD 1945 saat memperingati Hari Kelahiran Pancasila yang digelar secara virtual pada Senin (1/6/2020).

Sebelumnya, dalam video yang beredar seperti yang dibagikan oleh kanal YouTube KOMPASTV, terdengar suara ‘pro rakyat’ di menit 6.26. Tepatnya saat Puan telah selesai membacakan kalimat akhir naskah UUD 1945.

“Maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan neraga Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada; ketuhanan yang maha esa, kemanusian yang adil dan beradab, persatuan Indonesia dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, ‘pro rakyat’,” ucap Puan Maharani seperti dikutip Suara.com, Selasa (2/6/2020).

Berdasarkan penelusuruan, setelah dicermati lebih lanjut, ternyata suara ‘pro rakyat’ tersebut merupakan kesalahan audio yang mana terjadi looping pada kalimat akhir yang diucapkan Puan.

Kala itu Puan Maharani tampak menutup naskah pembukaan UUD 1945 dan suara menyerupai sepintas terdengar ‘Pro Rakyat’.

Suara ‘Pro Rakyat’ ini ternyata merupakan pengulangan dari pengucapan ‘seluruh rakyat Indonesia’ sementara yang terdengar adalah ‘ruh rakyat Indonesia’. dalam video tersebut juga tampak tak ada gerakan bibir dari Puan saat menutup map naskah UUD 1945.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kesimpulan atas pemberitaan artikel dari media Ikizone.com adalah Keliru. Faktanya suara ‘Pro Rakyat’ yang diklaim diucapkan oleh Puan adalah merupakan kesalahan audio yang merupakan pengulangan dari kalimat ‘, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia’ pada akhir paragraf kalimat pembukaan UUD 1945.

======

REFERENSI:

https://www.suara.com/news/2020/06/02/152123/soal-suara-pro-rakyat-puan-maharani-saat-bacakan-uud-1945-ini-faktanya