[SALAH] Warga India Membuang Patung Ke Sungai Karena Tidak Bisa Menyelamatkan Mereka Dari Virus Corona

Hasil Periksa Fakta Auliyaa Muhammad Hesa (Anggota Komisariat MAFINDO UI & FC UI).

Unggahan video Facebook tersebut adalah Hoaks Lama Bersemi Kembali (HLBK) yang kembali beredar dengan narasi yang sudah dimodifikasi, narasi agama Islam ke Kristen. Video sudah tayang pada tahun 2015 tentang festival Ganesh Chaturthi atau Vinayaka Chaturthi dan tidak ada kaitannya dengan virus Corona.

=====

Kategori: False Context/Konten yang Salah

=====

Sumber: Facebook

https://archive.fo/GPt8A

=====

Narasi:

โ€œWARGA DI INDIA MEMBUANG SEMUA PATUNG2 BERHALA MEREKA KEDALAM SUNGAI KARENA PATUNG2 YANG MEREKA SUJUD2 NGA BISA SELAMATKAN MEREKA DARI WABAH VIRUS PENYAKIT COVID 19 ( CORONA)

Pada Tanggal 7 Mey 2020

# CUMAN TUHAN YESUS KRISTUS LAH JALAN DAN KESELAMATAN MANUSIA.

DI LUAR ITU TIDAK ADA JAMINAN KESELAMATAN….๐Ÿ‘Œ๐Ÿ™โ€

=====

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan video Facebook mengenai warga India yang membuang patung berhala ke sungai karena patung tersebut tidak bisa menolong mereka dari wabah virus Corona. Narasi juga mengaitkan bahwa hanya Tuhan Yesus jalan keselamatan manusia. Peristiwa itu disebutkan terjadi pada 7 Mei 2020.

Berdasarkan hasil penelusuran, isu tersebut sudah pernah diperiksa faktanya pada artikel yang berjudul โ€œ[SALAH] Hindu di india Melemparkan Patung Buatan Mereka Ke Laut Karena Tidak Bisa Menolong Mereka Dari Coronaโ€ tayang 22 April 2020 oleh turnbackhoax.id.

Pada saat itu narasi yang beredar dikaitkan dengan agama Islam. Sedangkan narasi saat ini dikaitkan dengan agama Kristen.

Diketahui video tersebut sudah pernah tayang pada tahun 2015, video merupakan festival keagamaan yang bernama Ganesh Chaturthi atau Vinayaka Chaturthi bertujuan untuk merayakan datangnya Ganesha ke bumi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, isu warga India membuang patung terkait virus Corona tidak benar dan masuk dalam Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://www.ibtimes.co.uk/ganesh-chaturthi-festival-hindus-immerse-idols-elephant-headed-god-water-1463858

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4253470/cek-fakta-hoaks-warga-india-buang-patung-dewa-ke-sungai-di-tengah-pandemi-covid-19?medium=Headline__mobile&campaign=Headline_click_1