[SALAH] “warga dijamu Gubernurnya”

Anies Baswedan BUKAN sedang menjamu. DIJAMU, di acara pertemuan dengan beberapa tokoh Arab Saudi pada Agustus 2017.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

Akun “FERDINAND HUTAHAEAN” (twitter.com/FerdinandHaean2), sudah dibagikan 141 kali per tangkapan layar dibuat.

https://twitter.com/FerdinandHaean2/status/1260735006692892673 (sudah tidak bisa diakses per post ini disusun).

======

NARASI

“Saya suka melihat photo ini dimana warga dijamu Gubernurnya..!! Yang lain sabar ya, semoga dibuat bergiliran dan semua kebagian.”

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”

Selengkapnya di http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S.

* SUMBER membagikan foto Anies Baswedan yang sedang dijamu, di acara pertemuan dengan beberapa tokoh Arab Saudi pada Agustus 2017.

* SUMBER menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan fakta sehingga menimbulkan kesimpulan yang keliru.


(2) Sumber yang berkaitan,

* Page “Anies Baswedan” (facebook.com/aniesbaswedan, terverifikasi): “Semalam, diundang dan dijamu makan malam oleh para tokoh Kota Makkah yang dihadiri juga oleh Petinggi Kementrian Haji Pemerintah Saudi dan beberapa tokoh dari Afrika. Jamuan disini unik, dimulai pukul 23 hingga pukul 1.30 dini hari”

https://archive.fo/5q8Ha (arsip cadangan).

======

REFERENSI

Beberapa artikel yang berkaitan,

* TEMPO.CO: “Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan, bertemu dengan beberapa tokoh Arab Saudi di tengah-tengah perjalanan ibadah hajinya. Salah satu yang diunggah di akun Instagram-nya adalah saat Anies dijamu para tokoh Kota Mekah, petinggi Kementerian Haji Pemerintah Saudi, serta beberapa tokoh dari Afrika. “Banyak yang dibicarakan,” kata Anies lewat pesan WhatsApp kepada Tempo, Selasa, 29 Agustus 2017.”

Selengkapnya di “Bertemu Tokoh di Arab Saudi, Anies: Banyak yang Dibicarakan” https://bit.ly/3dKBXzn / https://archive.fo/loS28 (arsip cadangan).

* kumparanNEWS: “Kehadiran Gubernur DKI Terpilih, Anies Baswedan, ke Tanah Suci, Mekah, mendapat sambutan dari pemerintah Arab Saudi. Sama seperti saat dia umrah bulan Juni lalu, Anies disambut dalam pertemuan dengan ulama.”

Selengkapnya di “Saat Anies Baswedan Dijamu Pemerintah Arab Saudi di Mekah” https://bit.ly/35ZQ80S / https://archive.fo/h6EKk (arsip cadangan).