[SALAH] 2.800 Orang Napi dibebaskan Dari LP Pledang Pondok Rajeg Bogor

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Ardian Nova Christiawan menyebut bahwa kabar tersebut bohong (tidak benar alias hoaks). Ia menjelaskan bila pesan itu sangat tidak tepat, bila dihitung dan dijumlahkan total warga binaan dari kedua lapas tidak mencapai 2.800 atau tidak sesuai dengan yang disebut dalam pesan suara yang beredar.

======

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

======

[SUMBER]:

https://web.archive.org/web/20200506082239/https://www.facebook.com/petrus.i.pentury/videos/557023501914656/?q=2.800%20napi%20di%20cibinong&epa=SEARCH_BOX

======

[NARASI]:

“Cibinong depok
2.800 org Napi di Bebaskan dr LP Pledang Pdk Rajeg Bogor”

======

[PENJELASAN]:

Akun facebook bernama Petrus I Pentury mengunggah sebuah video yang berisi tampilan peta lokasi Lembaga Pemasyarakatan Pondok Rajeg, Cibinong, Jawa Barat di media sosial. Dalam video tersebut disisipkan sebuah narasi yang meminta masyarakat untuk tetap waspada.

Narasi tersebut menyebut bahwa pada tanggal 6 dan 7 mei 2020 sebanyak 2.800 orang narapidana di Lapas Paledang dan Pondok Rajeg, Cibinong akan dibebaskan padahal belum waktunya.

Berdasarkan penelusuran, Kabag Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas), Rika Apriyanti, mengatakan narasi yang dimuat dalam video tersebut tidak benar, alias hoaks. Rika meminta agar masyarakat tidak cepat termakan isu yang kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Tidak benar kabar tersebut. Hoaks. Mohon disampaikan kepada masyarakat,” ujar Rika saat dikonfirmasi Liputan6.com, Rabu (6/5).

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Ardian Nova Christiawan menyebut bahwa kabar tersebut bohong (tidak benar alias hoaks).

Ia menjelaskan bila pesan itu sangat tidak tepat, bila dihitung dan dijumlahkan total warga binaan dari kedua lapas tidak mencapai 2.800 atau tidak sesuai dengan yang disebut dalam pesan suara yang beredar.

“Untuk kapasitas Paledang dan Bogor jika dijumlahkan tak sampai 2.800. Daya tampungnya saja gak segitu. Kalo bebasin segitu dari mana lagi 1.700 orang lainnya?,” kata Ardian kepada wartawan saat dihubungi, Selasa (5/5/20) malam.

Ia menyebut bahwa total jumlah warga binaan di lembaga pemasyarakatan Paledang Kota Bogor tidak mencapai ribuan. “Kalau di Paledang yang pasti gak sampai seribu angkanya. Kalau di lapas Cibinong, per hari ini ada 1.139 warga binaan,” jelasnya.

Sehingga, bila ditotal jumlah warga binaan dari kedua lapas tidak mencapai angka 2.800 untuk itu ia memastikan berita itu adalah hoaks. “Jelas hoaks, isinya saja tidak segitu,” kata Ardian.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan resah. Poin baiknya, kata Ardian, adalah kita semua mesti waspada dan jangan lengah. Ia berharap masyarakat tetap bijaksana dalam menerima informasi.

======

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/news/read/4246560/beredar-kabar-2800-napi-di-cibinong-dibebaskan-ditjen-pas-itu-hoaks#

https://kumparan.com/kumparannews/ditjen-pemasyarakatan-hoaks-pembebasan-2-800-napi-lapas-bogor-dan-cibinong-1tMTO0BZ5gd

https://www.heibogor.com/post/detail/71917/masyarakat-panik-beredar-pesan-suara-2-800-napi-bebas-kalapas-cibinong-hoaks/