[SALAH] Video Demo TKA China di Morowali

Konten video itu merupakan Hoaks Lama Bersemi Kembali (HLBK). Peristiwa dalam video itu tidak terkait TKA China, melainkan aksi mogok dan protes karyawan PT IMIP di Morowali kepada pihak manajemen terkait UMSK (Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota) pada tahun 2019.

=====

Kategori: False Context/Konten yang Salah

=====

Sumber: Facebook

https://archive.fo/o06SI

=====

Narasi:

“INI FAKTA YANG MEMBUAT RAKYAT JADI CEMBURU… MARAH !!!

RAKYAT YANG JUGA MEMBUTUHKAN PEKERJAAN…

KENAPA PEMERINTAH INI MEMBIARKAN SEMUA INI TERJADI…”

=====

Penjelasan:

Akun Facebook Edi Sutardi mengunggah video yang diklaim sebagai demonstrasi TKA asal China di Morowali. Dalam video itu disebutkan jumlah TKA China yang demo mencapai ratusan ribu orang.

Berdasarkan hasil penelusuran diketahui bahwa konten tersebut merupakan Hoaks Lama Bersemi Kembali (HLBK). Isu tersebut sudah pernah dibahas dalam dua artikel periksa fakta, yakni [SALAH] “Imbas ketidaksetaraan kesejahteraan gaji pekerja lokal dan TKA” dan [SALAH] Narasi TKA di Video Demo PT IMIP Morowali.

Peristiwa dalam video tersebut sebenarnya merupakan aksi mogok karyawan PT IMIP di Morowali kepada pihak manajemen mengenai UMSK (Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota) pada Januari 2019. Dilansir dari antaranews.com, aksi mogok tersebut merupakan upaya pekerja untuk mendesak Gubernur Sulteng mengeluarkan keputusan menaikan UMSK tahun 2019 sebesar 20 persen, menyusul gagalnya kesepakatan yang telah dibangun antara pihak perusahaan, serikat buruh dan Dewan Pengupahan Kabupaten Morowali.

Selain itu, Menteri Ketenagakerjaan kala itu, yakni Hanif Dhakiri juga sudah memberikan pernyataan atas kasus tersebut. Dilansir dari cnnindonesia.com, Hanif membantah aksi mogok yang dilakukan ribuan buruh di kawasan industri PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) dilakukan oleh pekerja asing asal China.

Aksi mogok kerja pada Kamis (23/1) itu, kata Hanif, juga tidak berkaitan dengan penolakan tenaga kerja asing (TKA) yang berasal dari negeri ‘Tirai Bambu’. Melainkan, terkait dengan Upah Minimum Sektoral (UMSK) di Kabupaten Morowali.

“Selamat pagi. Demo buruh di Morowali bukan demo TKA China. Juga bukan demo menolak TKA China. Demo buruh di Morowali terkait Upah Minimum Sektoral (UMSK) Kabupaten setempat, yang saat ini sedang ditangani otoritas terkait di sana. Jangan termakan hoaks. Jangan ikut sebarkan hoaks. Waspadai adu domba,” ujar Hanif melalui akun Twitter pribadinya @hanifdhakiri, Jumat (25/1).

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka klaim video tersebut tidak benar. Oleh sebab itu, konten video tersebut masuk kategori False Context atau Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1177156792616854/

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/3882733/cek-fakta-hoaks-demo-buruh-tolak-tka-china-di-morowali

https://sulteng.antaranews.com/berita/48726/ribuan-karyawan-imip-morowali-mogok-disnaker-karyawan-menejemen-tak-boleh-saling-intimidasi

https://tirto.id/aksi-mogok-buruh-morowali-disnaker-belum-ada-titik-temu-soal-upah-de7lhttps://www.cnnindonesia.com/nasional/20190125125604-20-363773/menteri-hanif-demo-di-morowali-bukan-menolak-tka-china