[SALAH] “MEREKA SUDAH MEMPERSIAPKAN DIRI DENGAN BAIK UNTUK MENGUASAI NEGRI INI!”

Warga negara Indonesia, BUKAN Tiongkok. Kasus tahun 2019, penumpang membawa ratusan proyektil via China Airlines CI-751 dari Taiwan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Menyesatkan.

======

SUMBER

Post ke grup “INDONESIA BERSUARA” (facebook.com/groups/1778152662215040) oleh akun “Dedy” (facebook.com/profile.php?id=100040640841020), sudah dibagikan 11.873 kali per tangkapan layar dibuat.

https://archive.md/HYNUr (arsip cadangan).

======

NARASI

“LIHATLAH MEREKA SUDAH MEMPERSIAPKAN DIRI DENGAN BAIK UNTUK MENGUASAI NEGRI INI!”

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.

Selengkapnya di http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S.

* SUMBER membagikan foto kasus yang sebelumnya sudah ditangani oleh yang terkait pada tahun 2019.

* SUMBER menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan fakta sehingga menimbulkan kesimpulan keliru.


(2) Beberapa artikel yang berkaitan,

* CNN Indonesia @ 26 Feb 2019: “Kasus masih ditangani Polres karena ini kasus kecil. Tapi kemungkinan seperti amunisi ini seakan-akan besar karena pesawatnya dari China, seakan-akan dikaitkan dengan isu-isu yang macam-macam,”

Selengkapnya di “Polisi Tak Bisa Tahan Pembawa Ratusan Proyektil dari Taiwan” https://bit.ly/2W4FRgJ / https://archive.md/j1s4S (arsip cadangan).

* FaktualNews.co @ 25 Feb 2019: “Dijelaskan Barung, dalam pemeriksaan diketahui bahwa proyektil merupakan pesanan teman Stephen yang ada kaitannya dengan sebuah klub menembak di Surabaya. Kepada petugas Stephen juga mengaku, baru pertama kali membawa proyektil yang saat ini telah disita petugas kepolisian tersebut.”

Selengkapnya di “Pembawa Ratusan Proyektil di Bandara Juanda Tak Ditahan, Ini Alasan Polisi” https://bit.ly/2Yv52ud / https://archive.md/RHmvq (arsip cadangan).

======

REFERENSI

Beberapa artikel yang berkaitan,

* detikNews @ 24 Feb 2019: “”Orang tersebut membawa salah satu komponen amunisi. Jadi amunisi itu ada satu, bahan ledak. Dua, selongsong, ada hulu ledak dan kemudian ada proyektilnya. Yang dibawa oleh yang bersangkutan adalah bagian dari pada amunisi yaitu proyektil saja,””

Selengkapnya di “Bukan Amunisi, Penumpang Pesawat Diamankan di Juanda Bawa Proyektil” https://bit.ly/2zWEfgi / https://archive.md/2xp1f (arsip cadangan).

* Radar Surabaya @ 26 Feb 2019: “WAJIB LAPOR: Serah terima penyidikan kasus proyektil peluru dari Bea Cukai Bandara Juanda ke penyidik Polresta Sidoarjo yang disaksikan Stephen (tengah) bersama barang bukti proyektil.”

Selengkapnya di “Dilepas, Pembawa Proyektil Peluru Dikenai Wajib Lapor” https://bit.ly/2W0th1T / https://archive.md/KWEC5 (arsip cadangan).