[SALAH] Ormas FPI Sweeping Rumah Makan di Ciamis

Bukan pada bulan Ramadhan tahun 2020. video tersebut merupakan aksi sweeping ormas FPI terhadap rumah makan di Ciamis, Jawa Barat pada 2007.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG SALAH

======

[SUMBER]: http://archive.fo/GAvPh

======

[NARASI]:

“FPI di Ciamis”

======

[PENJELASAN]:

Akun facebook bernama Ok Sal Game Creator SZ mengunggah video ormas FPI yang melakukan sweeping pada sebuah rumah makan di Ciamis, Jawa Barat. video tersebut diunggah oleh akun facebook tersebut pada 2 mei 2020.

Berdasarkan penelusuruan, Polda Jawa Barat memastikan video viral tentang aksi Ormas FPI DPW Ciamis yang tengah melakukan sweeping terhadap warung makan di Ciamis adalah salah.

Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra, S.IK.M.H, menyampaikan bahwa dalam konten video sweeping yang dilakukan oleh ormas FPI DPW Kabupaten Ciamis terhadap salah satu rumah makan yang buka siang hari pada bulan Ramadhan itu merupakan kejadian tahun 2007 atau sekitar 12 tahun yang lalu dan saat ini tidak ada kejadian sweeping oleh ormas terhadap rumah makan di wilayah hukum Polres Ciamis.

Dari penelusuran Tim Cyber Patroli Polda Jabar bahwa video tersebut dipublikasikan pada 24/9/2007, dengan durasi 1 menit 26 detik yang merupakan tayangan berita headline news pada tayangan metro TV.

Melalui akun instagram @humaspolresciamis juga turut membantah video yang diklaim terjadi saat ini, berikut kutipannya:

“Telah tersebar di media sosial video FPI yang mengobrak-abrik rumah makan di Ciamis, sehingga menimbulkan keresahan di lingkungan masyarakat di bulan Ramadan ini. Video tersebut merupakan video lama yang diupload pada tanggal 24 September 2007 (12 tahun yang lalu) saat ini kejadian tersebut sudah tidak pernah terjadi lagi, dan Ciamis dalam keadaan aman dan kondusif” tulis keterangan akun @humaspolresciamis 03/05/2020.

======

REFERENSI:

https://kabar24.bisnis.com/read/20200505/15/1236529/fpi-sweeping-warung-makan-di-ciamis-polda-jabar-itu-hoaks-video-2007