[SALAH] Foto “tatacara semayam jenazah Didi Kempot (Dionisius Prasetyo) tidak dikafani”

Bukan foto jenazah Didi Kempot. Jenazah Didi Kempot dikafani dan dimakamkan secara Islam. Sumber klaim sendiri sudah menghapus tweetnya dan meminta maaf atas kesalahannya.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Akun Twitter BRAVE HEART (twitter.com/lakiabiez) mengunggah sebuah foto dengan narasi sebagai berikut:

“Hati2 membacakan kalimat lelayu kepada seseorang yg belum jelas aqidahnya.
Mmg kalo melihat dari kamus wikped satus agama ybs adalah Islam
Akan tetapi nama asli DK adalah Dionisius Prasetyo. (Seperti nama baptis).
Menengok tatacara semayam jenazahpun tdk di kafani.
Clear?”

Tweet tersebut yang memuat foto seseorang di dalam peti jenazah itu saat ini sudah dihapus. Arsip tweet bisa dilihat di http://archive.md/4Lp01

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa jenazah Didi Kempot tidak dikafani adalah klaim yang salah.

Jenazah di foto yang diunggah sumber klaim bukanlah Didi Kempot. Sumber klaim sendiri sudah menghapus tweetnya dan meminta maaf atas kesalahannya.

Penyanyi yang terkenal dengan lagu Stasiun Balapan itu dimakamkan secara Islam. Jenazah Didi Kempot juga dikafani.

Momen ketika jenazah Didi Kempot dimasukkan ke liang lahat salah satunya ditayangkan oleh tvOne secara live dan diunggah di kanal Youtube tvOneNews di menit ke 11:48.

Jenasah Didi Kempot baru tiba di rumah duka sekitar pukul 14.25 WIB di Desa Majasem, Kecamatan Kendal, Ngawi. Sebelumnya jenasah Didi Kempot harus menempuh perjalanan darat selama 1,5 jam dari RS Kasih Ibu Solo.

Setelah iring-iringan mobil jenazah tiba di rumah duka di Ngawi, selanjutnya jenazah disemayamkan di rumah istri pertama Didi Kempot. Sebelum pelepasan jenazah, dilakukan salat jenazah di rumah keluarga istri pertama Didi Kempot di Ngawi.

“Tadi disalatkan di rumah tapi cuma satu angkatan saja. Setelah itu diberangkatkan menuju makam,” ujar Salah satu sahabat dekat Didi Kempot, Blontank Poer.

“Prosesi pemakaman dilakukan secara Islam karena Mas Didi Kempot itu seorang muslim,” jelasnya. Menurut Blontank, istri pertama Didi Kempot juga merupakan seorang hajjah.

Kemudian dengan memakai kendaraan ambulance dari Polresta Surakarta, jenasah Didi Kempot diangkut menuju TPU yang berjarak 400 meter dari rumah duka.

Dalam pemakaman tampak hadir mengantarkan jenasah almarhum Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Ngawi Budi Sulistyono (Kanang) demikian juga ratusan sobat ambyar yang merupakan fans setia dari The Godfather of Brokenheart.

“Sebelumnya melalui medis dan petugas kepolisian kita mengharap kepada pelayat untuk selalu jaga jarak sosial dan cuci tangan dengan hand sanitizer. Namun karena mereka juga merasa kehilangan akan sosok sang maestro secara spontan ya pasti berdesakan,” jelas Kanang di lokasi pemakaman.

Lahir dari keluarga seniman, perjalanan ruhani dan spiritual pemilik nama lahir Doinisius Prasetyo itu terbilang penuh warna. Dikutip dari blog Gelatik Records Indonesia, Didi semula menganut agama Kristen, mengikuti agama ibunya.

Tapi semenjak menikahi Yan Vellia yang merupakan partner kerjanya di konser-konser outdoor, penyanyi yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, itu memilih masuk agama Islam dan menjadi mualaf pada tahun 1997.

Di tengah puncak popularitas, Didi Kempot dan istrinya, Yan Vellia, serta kelompok musik pengiringnya, diketahui sering kali menghadiri pengajian Gus Miftah, pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta.

Didi Kempot meninggal setelah diduga mengalami serangan jantung secara mendadak. Meski sebelumnya mendapatkan pertolongan medis RS Kasih Ibu Solo, namun sang maestro tembang campursari itu sekitar pukul 07.45 WIB menghembuskan nafas terakhirnya.

REFERENSI
https://rmoljatim.id/2020/05/05/ratusan-pelayat-hadiri-pemakaman-didi-kempot-di-ngawi/
https://www.liputan6.com/regional/read/4246224/jenazah-didi-kempot-disalatkan-di-rumah-keluarga-istri-pertama
https://www.idntimes.com/news/indonesia/axel-harianja/usai-disalatkan-jenazah-didi-kempot-langsung-diantar-ke-pemakaman/3
https://www.youtube.com/watch?v=IalIyzDel4g
https://kumparan.com/profil-orang-sukses/perjalanan-ruhani-didi-kempot-jadi-mualaf-hingga-mengaji-ke-gus-miftah-1tM41u0mWr4/full
https://twitter.com/lakiabiez/status/1257555582313095168 (Arsip – http://archive.md/xKvFn)

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo