[SALAH] Foto “Satu-satunya orang yang diizinkan duduk di Ka’bah saat ini adalah tukang bersih-bersih”

BUKAN petugas kebersihan. Seseorang yang sedang berdoa di depan Ka’bah yang ada di foto itu adalah polisi Arab Saudi yang bertugas di Masjidil Haram.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun Haji Apeh Dollar (fb.com/hapeh.dollar.9) mengunggah sebuah gambar yang berupa gabungan 2 foto dengan narasi sebagai berikut:

“SATU-SATUNYA ORANG YANG DIIZINKAN DUDUK DI KA’BAH SAAT INI!!
Dia adalah TUKANG BERSIH-BERSIH. Bukan raja, bukan menteri, bukan pula pangeran, bukan pula ulama.
Allah ternyata lebih memilih dia dibanding yang lain. Uang, kekayaan, status, pangkat, dan keluarga tidak ada apa-apanya di hadapan Allah. Maka, singkirkanlah rasa bangga yang berlebihan dengan itu semua, dan mulailah perlakukan mereka yang kurang beruntung dengan rasa hormat dan saling menghargai. Buanglah jauh-jauh kesombongan Anda, dan mulailah belajar menjadi seseorang yang rendah hati.

THE ONLY PERSON WHO IS ALLOWED TO SIT IN THE KA’BAH NOW !!
He is a CLEAN MASTER. Not a king, not a minister, not a prince, not a cleric.
God turned out to prefer him over the others. Money, wealth, status, rank, and family are nothing before God. So, get rid of excessive pride with it all, and start treating the less fortunate with respect and mutual respect. Throw away your pride, and start learning to be a humble person.”

Sumber : http://archive.ph/Ki8zd (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelurusan Tim Cek Fakta Tempo, klaim bahwa orang yang ada di foto yang diunggah oleh sumber klaim adalah petugas kebersihan adalah klaim yang keliru.

Seseorang yang sedang berdoa di depan Ka’bah yang ada di foto itu adalah polisi Arab Saudi yang bertugas di Masjidil Haram.

Foto tersebut dijepret oleh fotografer Associated Press (AP), Amr Nabil, pada 6 Maret 2020. Namun, menurut keterangan foto di situs AP, pria tersebut bukanlah tukang bersih-bersih, melainkan polisi.

Berikut keterangan foto yang ditulis AP: “Seorang polisi Saudi berdoa di depan Ka’bah, bangunan kubik di Masjidil Haram, di kota suci muslim Mekkah, Arab Saudi, Sabtu, 7 Maret 2020. Arab Saudi mengosongkan situs suci Islam untuk sterilisasi atas kekhawatiran terhadap virus Corona baru.”

Dilansir dari situs berita Turki, Erzurum Sayfasi, foto jepretan Amr Nabil itu memang telah dipelintir. Menurut berbagai unggahan di media sosial, hanya staf kebersihan yang diizinkan beribadah di Ka’bah ketika tempat suci umat Islam itu ditutup sejak pandemi Covid-19.

Namun, dikutip dari situs berita Arab Saudi, Sawaleif, saat salat tarawih pertama kemarin, terdapat beberapa jamaah yang melakukan salat di depan Ka’bah. Meskipun begitu, kebanyakan dari mereka adalah petugas administrasi masjid atau staf bagian wakah.

Dilansir dari berita di Liputan6.com pada 23 April 2020, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud mengizinkan salat tarawih berjamaah digelar di Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Namun, salat tersebut dilakukan dengan pengurangan rakaat menjadi sepuluh atau hanya lima kali salam.

Sebelumnya, pada pekan kedua April, salat tarawih berjamaah selama Ramadan di masjid-masjid Arab Saudi sempat dilaporkan bakal ditiadakan. Pada 21 April lalu, pemerintah Arab Saudi juga memperpanjang penangguhan salat berjamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Itikaf pun ditangguhkan.

Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, membenarkan izin salat tarawih oleh Raja Salman tersebut. Namun, salat tarawih itu terbatas untuk petugas di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Sementara masyarakat umum tidak diperbolehkan.

“Kena aturan jam malam,” kata Agus.

Adapun dikutip dari Kumparan.com, saf salat tarawih di Masjidil Haram saat ini terlihat renggang, tidak lagi rapat seperti awal Ramadan. Jamaah pun tidak banyak, lantaran penutupan Masjidil Haram. Yang diperbolehkan masuk hanya para staf dan imam, dengan pemeriksaan kesehatan yang ketat.

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/760/fakta-atau-hoaks-benarkah-ini-foto-satu-satunya-orang-yang-boleh-duduk-di-kabah-saat-corona
http://www.apimages.com/metadata/Index/Virus-Outbreak-Mideast-Saudi-Arabia/13190f76996740fc801878dbebc37843/20/0
https://www.erzurumsayfasi.com/haber/kabe-ibadete-kapatilinca-sadece-bir-kisi-ibadet-etti-goruntu-gorevlerin-icini-burktu-h924.html
https://sawaleif.com/أول-صلاة-تراويح-بالحرمين-الشريفين-وال-549881/
https://www.liputan6.com/global/read/4235725/raja-salman-izinkan-sholat-tarawih-di-masjidil-haram-dan-masjid-nabawi-hanya-10-rakaat?source=search
https://kumparan.com/kumparannews/saf-tarawih-berjemaah-di-masjidil-haram-renggang-ini-fatwanya-1tJHbja5vOn/full

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo