[SALAH] Video Begal Tertangkap di Jl. Soekarno Hatta, Malang

Peristiwa dalam video bukan penangkapan begal. Kapolsek Lowokwaru, Kompol Rizky Tri Putra menegaskan bahwa yang ditangkap polisi bukan begal.

=====

Kategori: False Context/Konten yang Salah

=====

Sumber: Facebook

Archive:

https://archive.fo/R6Sl4

=====

Narasi:

“Semalam ada begal ditangkap polisi di area Suhat. Iyo bener bener dek Area Suhat yang selama ini dikenal pusat keramaian e Kota Malang lha kok ono begal gowo pedang sakmono dawane.”

=====

Penjelasan:

Beredar postingan video yang diklaim sebagai penangkapan begal. Dalam video tersebut tampak polisi tengah mengamankan seorang pria.

Melalui hasil penelusuran diketahui bahwa klaim postingan video tersebut tidak benar. Kapolsek Lowokwaru, Kompol Rizky Tri Putra membenarkan bahwa adanya pengamanan seorang pria di kawasan Jalan Soekarno Hatta pada Kamis malam (23/4/2020), sekitar pukul 19.15 WIB. Akan tetapi, Kompol Rizky menegaskan, pria yang diamankan tersebut bukanlah begal.

“Dia bukan pelaku begal seperti yang disebut di media sosial,” ujar Kompol Rizky.

Pria yang membawa senjata tajam itu diketahui bernama Syamsul Anwar, 33 warga Jalan Kembang Kertas, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Ketika peristiwa itu, pria tersebut sedang bekerja menjaga ruko.

“Saat itu dia sedang bekerja menjaga ruko. Tiba-tiba terjadi kecelakaan antara sesama pengendara motor di depan ruko tersebut,” jelasnya.

Satu pengendara motor yang terlibat laka lantas langsung menolong korban dengan meminggirkan ke dekat ruko yang dijaga pelaku.

“Saat membahas pertanggungjawaban kecelakaan antara sesama pengendara, tiba-tiba tersangka datang. Tersangka mengaku sebagai preman wilayah. Tersangka langsung ikut campur dalam diskusi dengan dua pengendara motor. Karena merasa terganggu, satu pengendara motor yang terlibat kecelakaan minta pelaku untuk tidak ikut campur,” bebernya.

Karena merasa tersinggung, tersangka mengeluarkan pisau kecil. Tetapi, warga mencegah upaya pria itu.  Tiba-tiba pelaku mengeluarkan pedang sepanjang 40 cm dari pos jaganya.  Pelaku langsung senjata tajam (sajam) itu kepada warga sekitar.

“Lalu warga menghubungi kami karena perilaku tersangka membahayakan. Akhirnya kami menangkap tersangka,” tambahnya.

Saat ini polisi sudah menahan tersangka di Mapolsek Lowokwaru.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten tersebut tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1169532506712616/

https://suryamalang.tribunnews.com/2020/04/24/fakta-di-balik-video-viral-di-kota-malang-bukan-begal-tapi-kecelakaan?page=all

https://malangtimes.com/baca/51734/20200424/161500/ancam-warga-dengan-sajam-koboi-bertato-jatimulyo-berkahir-di-bui

http://www.klikapa.com/read/17710/bawapedangdantantangwargapenjagarukoditangkap/1