[SALAH] Tidak Ada Pasien Positif Corona di Aceh

Hasil Periksa Fakta Riski Maulana (Anggota Komisariat MAFINDO BSI)

Pasien positif Corona di Aceh bertambah menjadi sembilan kasus setelah Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh, dr. Azharuddin, membenarkan penambahan dua kasus positif COVID-19 pada Jumat, (24/4).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI: KONTEN YANG SALAH

======

SUMBER: WHATSAPP & FACEBOOK

======

NARASI:

Whatsapp:

“Aceh corona 0 ,ada 1 orang trserang sudah sembuh sudah pulang dari RS.Aceh no 1 Di dunia Yang takkan membiarkan masjid kesepian ..Aceh percaya kematian hanya Di tangan Allah SWT”

Facebook:

“Allah sedang menguji umat manusia yang bodoh Lemah dan ketakutan..saya Kuatkan kan iman kita, dan saya yakin percaya sama allah maha besar, semua akan di atur oLehnya, jngan hanya karna takut covid 19 mesjid pun semua nya nampak sepi. Allah akan melindungin kita selama kita yakin selalu menjalankan perintahnya dengan baik2” unggah akun Asking Alesandria, Jumat (24/04).

======

PENJELASAN:

Akun Facebook Asking Alesandria memposting narasi yang diikuti dengan tangkapan layar pesan Whatsapp pada 24 April 2020 yang mengklaim tidak ada pasien positif Corona di Aceh, sedangkan satu pasien yang terserang sudah sembuh dan dipulangkan.

Dari hasil penelusuran, Direktur Rumah Sakit Umum, dr. Zainoel Abidi, membenarkan penambahan pasien positif Corona pada Jumat, (24/4).

“Iya (ada penambahan pasien positif COVID-19),” kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah, dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) kepada wartawan acehkini Jumat, (24/4).

Dilansir dari tagar.id, pasien pertama yang dinyatakan positif pada Jumat (24/4) berinisial MS (pasien kedelapan Aceh). Kemudian, pasien kedua yang dikonfirmasi positif adalah AS berjenis kelamin perempuan asal Kabupaten Aceh Barat Daya (pasien kesembilan di Aceh).

Sebelumnya Gugus Tugas merinci data positif COVID-19 di Provinsi Aceh sebanyak tujuh kasus, dengan bertambahnya dua pasien asal Abdya tersebut hingga saat ini jumlah total kasus COVID-19 di Aceh bertambah menjadi sembilan kasus.

Dikutip dari waspadaaceh.com, informasi dari Dinas Kesehatan Banda Aceh, hingga Jumat siang per 12.00 WIB (24/4), total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 721 orang, 583 orang diantaranya selesai pemantauan dan 138 masih dalam proses pemantauan. ODP sebelumnya hanya berjumlah 77 orang, secara grafik terjadi penurunan namun, dalam dua hari terakhir jumlahnya meningkat menjadi 138 orang.

Atas penjelasan tersebut klaim yang menyebutkan bahwa di Aceh tidak ada pasien kasus positif Corona adalah tidak benar dan masuk ke dalam kategori konten yang salah.

=====

REFERENSI:

http://archive.today/jhaOY

https://www.tagar.id/hari-pertama-puasa-2-pasien-di-aceh-positif-corona

https://republika.co.id/berita/q9ba4w377/sembilan-kasus-positif-corona-di-aceh

https://kumparan.com/kumparannews/sempat-dinyatakan-negatif-warga-aceh-barat-daya-positif-corona-1tHtooq9L9s