[SALAH] Foto Di Tengah Pemerintah Sibuk Melawan Corona Anies Sibuk Main Bola Dengan Anaknya

Foto yang beredar merupakan foto tahun 2016.  Foto tersebut tidak ada kaitannya dengan kondisi virus Corona atau wabah COVID-19 saat ini.

=====

Kategori: Misleading Content/Konten yang Menyesatkan

=====

Sumber: Facebook

Archive:

https://archive.fo/4yoXI

=====

Narasi:

“Di tengah pemerintah sibuk melawan Corona Anies sibuk main bola dgn anaknya emang Anis nggak punya hati..”

=====

Penjelasan:

Akun Mustafa Sarumbu membagikan foto Anies Baswedan tengah bermain bola dengan anaknya. Dalam narasi postingannya disebutkan bahwa Gubernur DKI Jakarta tersebut tidak punya hati karena bermain bola di tengah pemerintah sibuk melawan virus Corona atau wabah COVID-19.

Melalui hasil penelusuran, diketahui bahwa klaim narasi postingan salah. Sebab, foto Anies Baswedan tengah bermain bola dengan anaknya itu merupakan foto pada tahun 2016. Hal itu diketahui dari penelusuran gambar.

Gambar tersebut muncul dalam portal daring tribunnews.com sebagai foto utama dalam pemberitaan bertajuk “Tak Lagi Jadi Menteri, Ini Yang Dilakukan Anies Baswedan. Lihat Foto-fotonya!” yang tayang pada 31 Juli 2016.

Dalam pemberitaan itu diketahui bahwa foto Anies Baswedan bermain bola diunggah oleh akun Facebook dengan nama Kelly Atan. Ditelusuri lebih lanjut, foto dari akun Kelly Atan juga tertera keterangan waktu postingnya, yakni pada 29 Juli 2016.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jelas bahwa foto Anies Baswedan bermain bola dengan anaknya merupakan foto lama. Foto tersebut diambil saat Anies baru saja berhenti menjadi Menteri Pendidikan.

Atas penjelasan tersebut, maka klaim narasi pada postingan Mustafa Sarumbu salah. Oleh sebab itu, konten postingan tersebut masuk kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1166567960342404/

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNAY3W8N-gara-gara-foto-ini-anies-disebut-tak-punya-hati-simak-faktanya

https://www.lampost.co/berita-cek-fakta-gara-gara-foto-ini-anies-disebut-tak-punya-hati-simak-faktanya.html

https://jateng.tribunnews.com/2016/07/31/tak-lagi-jadi-menteri-ini-yang-dilakukan-anies-baswedan-lihat-foto-fotonya?page=all

https://web.facebook.com/photo.php?fbid=1240650815954314&set=a.392339090785495&type=3