[SALAH] “Foto Anies Baswedan makan bersama adalah Amateur Editor, Editor Pemula”

Faktanya foto itu adalah foto ASLI. Foto itu merupakan momen Anies Baswesdan diundang makan malam oleh para tokoh kota Mekah pada Agustus 2017.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun Mario Hastana (fb.com/mario.hastana16) mengunggah beberapa foto dengan narasi sebagai berikut:

“Belajar melihat gambar bicara”

Di sejumlah foto yang ia unggah, memperlihatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sedang makan bersama dengan sejumlah orang yang menggunakan thawb, pakaian khas Arab berupa gamis. Terdapat tulisan “Amateur Editor, Cermin, dan Editor Pemula” di salah satu foto.

Sumber : https://perma.cc/KND6-EUA9 9Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim bahwa foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sedang makan bersama dengan sejumlah orang yang menggunakan thawb, pakaian khas Arab berupa gamis itu adalah editan, merupakan klaim yang salah.

Faktanya foto itu adalah foto asli. Foto itu merupakan momen Anies Baswesdan diundang makan malam oleh para tokoh kota Mekah pada Agustus 2017.

Foto yang sama, pernah diunggah oleh akun facebook resmi milik Anies Baswedan pada 28 Agustus 2017 dengan narasi:

“Semalam, diundang dan dijamu makan malam oleh para tokoh Kota Makkah yang dihadiri juga oleh Petinggi Kementrian Haji Pemerintah Saudi dan beberapa tokoh dari Afrika. Jamuan disini unik, dimulai pukul 23 hingga pukul 1.30 dini hari”

Dalam postingan itu, Anies juga mengunggah sejumlah foto lain suasana jamuan makam malam. Tidak hanya foto tampak belakang yang dinarasikan suntingan, tapi juga foto tampak depan.

“Banyak yang dibicarakan,” kata Anies lewat pesan WhatsApp kepada Tempo, Selasa, 29 Agustus 2017. Anies masih belum mau menjelaskan isi pembicaraan dengan para tokoh tersebut.

“Lebih baik nanti saja (dibicarakan) kalau sudah ada pelaksanaan,” ujarnya.

Anies berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji perdana bersama dengan istrinya, Fery Farhati, dan ibunya, Aliyah Rasyid, pada 25 Agustus lalu.

“Alhamdulillah ini perjalanan pertama saya, bersyukur bisa bersama-sama dengan ibu. Kesempatan ini saya mengajak ibu dan istri,” katanya.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GNG4WAdb-benarkah-foto-anies-makan-bersama-sejumlah-orang-bergamis-ini-editan
https://www.facebook.com/aniesbaswedan/posts/semalam-diundang-dan-dijamu-makan-malam-oleh-para-tokoh-kota-makkah-yang-dihadir/1400811433289172/?_rdc=2&_rdr
https://metro.tempo.co/read/904186/bertemu-tokoh-di-arab-saudi-anies-banyak-yang-dibicarakan/full&view=ok

About Adi Syafitrah 882 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo