[SALAH] Anak Pemilik Pempek Ny Kamto Dirampok di Jl Palagan Perum Monjali

Perampokan terjadi bukan di Jl Palagan Perum Monjali dan korban bukan anak pemilik Pempek Ny Kamto. Perampokan terjadi di Jalan Sumbawa, RT 34, Kelurahan Thehok, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi.

=====

Kategori: False Context/Konten yang Salah

=====

Sumber: Facebook

Archive:

https://archive.fo/vJ9nO

https://archive.vn/q4LwR

=====

Narasi:

1. “EFEK AKIBAT SEMUA NARAPIDANA DI BEBASKAN OLEH REZIM BERBASIS KOMUNIS..

DENGAN ALASAN YG TDK MASUK AKAL…

Anak pemilik empek2 Ny Kamto, Jl. Palagan tadi siang ditembak perampok di Perum Monjali 20 jt melayang

Mohon tingkatkan kewaspadaan diri masing2 maupun bersama. Kerusuhan sudah dimulai.”

2. “WASPADA!

Info terbarunya ini

Anak pemilik empek2 Ny Kamto, Jl. Palagan tadi siang ditembak perampok di Perum Monjali, 20 jt melayang

Mohon tingkatkan kewaspadaan diri masing2 maupun bersama. Kerusuhan sudah dimulai”

=====

Penjelasan:

Beredar postingan video yang memperlihatkan rekaman CCTV perampokan kepada seorang pria. Pada narasi yang menyertainya, disebutkan peristiwa tersebut merupakan perampokan anak pemilik Pempek Ny Kamto yang berada di Jl. Palagan, Perum Monjali. Disebutkan bahwa perampok menggasak uang sebesar Rp20 juta.

Melalui hasil penelusuran, diketahui informasi yang dibagikan itu keliru. Diketahui bahwa perampokan sebenarnya terjadi di Jl. Sumbawa, RT 34, Kelurahan Thehok, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi. Kanit Reskrim Polsek Jambi Selatan Ipda Putu Gede Ega Purwita mengatakan bahwa pelaku perampokan berhasil membawa kabur uang senilai Rp20 juta.

“Korbannya ini adalah keponakan pengusaha pempek selamat. Sebelumnya korban ini baru dari Bank di kawasan pasar, lalu hendak menukarkan uang Rp 20 juta dengan nominal kecil dan kemudian dirampok di depan halaman rumah,” kata Putu Gede.

Korban yang diketahui berinisial DW itu awalnya membawa uang senilai Rp 20 juta. Uang itu rencananya akan diberikan ke rumah pamannya. Ketika hendak masuk ke rumah, korban didatangi dua pria menggunakan motor dan merampok uang yang dibawa korban.

Aksi perampokan senjata api ini juga sempat terekam kamera CCTV. Dari rekaman itu, pelaku sempat menembak korban lantaran ingin merebut uang yang dibawa oleh korban tersebut.

“Korban ini sempat melindungi tasnya yang berisikan uang, isi tasnya itu pecahan 10 ribu 20 ribu dengan total 20 juta. Lalu korban ditembak dengan senjata api rakitan, korban ditembak di bagian lengan dan kini sudah dilarikan ke rumah sakit untuk dirawat,” ujar Putu Gede.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka kejadian lokasi perampokan tidak seperti pada klaim postingan. Oleh sebab itu, maka konten postingan tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1160738264258707/

https://bengkulu.antaranews.com/berita/101094/terekam-cctv-pengusaha-pempek-di-jambi-jadi-korban-perampokan-bersenpi

https://news.detik.com/berita/d-4970367/perampok-bersenpi-beraksi-di-jambi-gasak-duit-rp-20-juta

https://kumparan.com/jambikita/keponakan-pemilik-pempek-selamat-di-jambi-ditembak-dan-dirampok-1tBsYLtJTL4

https://jambiekspres.co.id/read/2020/04/08/30982/keponakan-bos-pempek-selamat-dirampok-uang-rp-20-juta-raib/