[SALAH] Akun Media Sosial Erick Thohir For President 2024

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan, ia tak memiliki akun media sosial baik Facebook, Instagram, maupun Twitter dengan nama Erick Thohir for Indonesia ataupun Erick Thohir for President.

======

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

======

[SUMBER]: http://archive.fo/a8uzM

======

[PENJELASAN]:

Beredar akun media sosial bernama Erick Thohir For President 2024 yang bertujuan untuk mencalonkan dirinya sebagai Presiden Republik Indonesia (RI) di masa mendatang.

Akun grup facebook tersebut memiliki lebih dari 25 ribu anggota dan terdapat 6.778 foto sudah diunggah di grup itu.

Setelah ditelusuri, Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir membantah memiliki akun media sosial dengan nama Erick Thohir for President.

“Saya ingin sampaikan bahwa saya tidak pernah membuat akun sosial media baik di FB, Instagram ataupun Twitter yang bernama seperti Erick Thohir for Indonesia ataupun Erick Thohir for President,” kata Erick dalam keterangan tertulis, Sabtu, 11 April 2020. Keterangan tertulis tersebut dibenarkan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga.

Menurut Erick, apabila ada unggahan dari akun seperti itu sama sekali bukan darinya dan bukan juga team. Bahkan, menurut Erick, unggahan akun tersebut mengganggunya.

“Apabila ada posting dari akun seperti itu sama sekali bukan dari saya juga team, bahkan postingan tersebut mengganggu kami,” kata Erick dalam keterangannya, Sabtu (11/4/2020).

“Saat ini yang saya ingin lakukan hanya bekerja dengan baik, mengemban tugas yang diberikan kepada saya dari Presiden Joko Widodo,” kata dia.

Di Twitter, akun resmi Erick Thohir yang bercentang biru tanda telah diverifikasi kepemilikannya adalah akun @erickthohir. Nama yang sama juga digunakan untuk akun Instagram yang juga telah mendapat centang biru.

======

REFERENSI:

https://nasional.tempo.co/read/1330436/erick-thohir-merasa-terganggu-postingan-bakal-calon-presiden-2024

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4973562/erick-thohir-bantah-punya-akun-medsos-buat-jadi-presiden

https://kominfo.go.id/content/detail/25799/hoaks-akun-media-sosial-erick-thohir-for-president-2024/0/laporan_isu_hoaks

https://www.instagram.com/erickthohir/?hl=id

https://twitter.com/erickthohir?lang=id