[SALAH] “Sejumlah Polisi India Telah Tiba Di Indonesia”

Akun Twitter @LamarihuAru mengunggah sebuah foto dengan narasi bahwa polisi India telah tiba di Indonesia untuk menertibkan masyarakat yang tidak mau tinggal diam di rumah. Keterangan yang diberikan ternyata tidak sesuai dengan fakta, lantaran foto tersebut diambil dalam waktu, tempat dan kejadian yang berbeda.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FALSE CONTEXT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL TWITTER

===

NARASI:

Kabar Terkini.. Sejumlah Polisi India Telah Tiba Di Indonesia Untuk menertibkan Masyarakat yg tdk mau tinggal di rumah..Siapkan Pantat dan Minyak Gosok..

===

PENJELASAN: Akun Twitter @LamarihuAru mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan sejumlah polisi India berseragam lengkap. Narasi yang disematkan oleh akun @LamarihuAru adalah bahwa polisi India telah tiba di Indonesia untuk menertibkan masyarakat yang tidak mau diam di rumah di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Menurut pencarian melalui mesin pencari gambar milik google, faktanya foto tersebut diunggah oleh media India hindustantimes.com pada 10 Mei 2017 dengan judul “Low-waist pants, skin-tight shirts lands 400 Punjab cops in trouble”. Dari keterangan yang diberikan oleh hindustantimes.com, sejumlah polisi tengah menuju ke toko penjahit untuk kembali mengubah tampilan mereka seperti semula, setelah mengikuti gaya berpakaian polisi dalam film Dabangg.

Dabangg sendiri merupakan film yang menceritakan sebuah kisah hidup seorang polisi India yang diperankan oleh Salman Khan. Pasca film tersebut ramai menjadi perbincangan, gaya berpakaian Salman Khan dalam film pun menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah polisi di wilayah Ludhiana, India.

Namun baru saja sehari mereka mengikuti gaya dalam film tersebut, Deputy Commissioner of Police (DCP) atau wakil komisaris polisi meminta kepada sejumlah polisi agar mengubah kembali cara berpakaian mereka sesuai spesifikasi. Oleh sebab itu, kurang lebih sebanyak 430 personil kepolisian diminta agar mengubah kembali tampilan mereka sesuai aturan yang sudah ditentukan.

Unggahan milik akun @LamarihuAru masuk ke dalam kategori false context, yang berarti foto tersebut benar adanya namun keterangan atau narasi yang diberikan baik dari segi waktu, tempat dan informasi kejadiannya tidak sesuai dengan fakta.

===

REFERENSI:

https://www.hindustantimes.com/punjab/day-after-ludhiana-s-dabangg-cops-get-dressing-down-they-make-a-beeline-for-tailors/story-2KfeHHW5sGs8RnrvsEcRYP.html
https://www.hindustantimes.com/punjab/low-waist-pants-skin-tight-shirts-lands-400-punjab-cops-in-trouble/story-v4YDLaglHuOsYnPLOqUqNJ.html