[SALAH] Video “Ngeri Karena Corona Italia pun Bersujud”

Hasil Periksa Fakta Riski Maulana (Anggota Komisariat MAFINDO BSI)

Video yang diunggah akun Youtube Juned By tidak ada kaitannya dengan Italia dan wabah Corona. Video tersebut merupakan unjuk rasa di Plaza San Martin Kota Lima, Peru pada tahun 2019 yang berdoa untuk melawan orang-orang yang melakukan korupsi selama pemilihan mendatang.

=====

Kategori: Konten Yang Salah

=====

Sumber: Youtube & Facebook

=====

Narasi:

Youtube:

“Viral. Ngeri karena Corona Italia pun Bersujud

Italia Berdoa sujud masal bagaikan Muslim karena Virus Corona-19.Kiamat?”

Facebook:

“ITALIA “BERSUJUD”

DI ITALIA….

Mereka mulai “Bersujud”

Meski entah kepada Siapa ?

Mereka Menangisi Diri.

Mereka Mohon Ampun atas Dosa

Tapi entah kepada Siapa ?

Tapi setidaknya mereka Telah Mengakui :

Manusia Tidak Berdaya Sama Sekali”

=====

Penjelasan:

Beredar sebuah video yang diunggah akun Youtube Juned By pada 28 Maret 2020. Pada video tersebut terdapat orang-orang yang sedang bersujud dan berdoa yang diikuti narasi bahwa kejadian itu terjadi di Italia dikarenakan virus Corona. Akun Facebook Mey Rianti pun ikut mengunggah foto yang diambil dari cuplikan video yang sama seperti unggahan akun Youtube Juned By.

Berdasarkan hasil penelusuran, video dan foto yang diklaim terjadi di Italia karena virus Corona adalah tidak benar. Video tersebut merupakan aksi unjuk rasa yang terjadi di Plaza San Martin Kota Lima, Peru untuk melawan orang-orang yang melakukan korupsi selama pemilihan mendatang.

Melalui penelusuran lebih lanjut, dalam video terdapat bangunan dan patung yang jika ditelusuri pada mesin pencari google dengan kata kunci “Plaza San Martin Lima Peru”, akan muncul foto yang identik dengan bangunan dan patung dalam video.

Sedangkan pada video yang diunggah tersebut juga, terdapat seorang pria yang berbicara dengan bahasa Spanyol. Dia mengatakan “saat ini kita berada di Plaza San Martin, bersama-sama dari berbagai kelompok Denominasi (Kelompok Keagamaan) yang berdoa untuk Peru”.

Unggahan video Youtube tersebut pernah tayang di laman Facebook Perú, Jesucristo es la única esperanza dengan judul “VIGILIA DE ORACIÓN POR EL PERÚ. Plaza San Martín – Lima”. Dalam video itu terdapat kumpulan massa yang sedang berdoa, seperti unggahan video di akun Youtube Juned By.

Dilansir dari altnews.in, unjuk rasa tersebut berlangsung pada tanggal 6 Desember 2019, sedangkan menurut kantor berita Reuters, kasus positif virus Corona pertama di Peru dilaporkan pada 6 Maret 2020. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa peristiwa itu tidak memiliki koneksi dengan virus Corona.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa video dengan narasi yang beredar bahwa Italia berdoa sujud masal bagaikan muslim karena virus COVID-19 adalah salah atau hoaks dan masuk ke kategori Konten yang Salah.

=====

Referensi:

http://archive.vn/BCynK

http://archive.vn/dSSNO

http://archive.fo/XDFVD

http://archive.vn/gfkRo