[SALAH] “Rezim togog Bedebah pasilitasi karantina khusus untuk TKA SILUMAN CHINA”

Bukan fasilitas karantina khusus untuk TKA Cina. Bangunan itu adalah Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) yang didirikan oleh Yayasan Artha Graha Peduli yang difungsikan sebagai sarana melakukan Rapid Test Covid-19.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Akun Cindy Maheswary (fb.com/cindy.maheswary) mengunggah beberapa gambar tangkapan layar dengan narasi sebagai berikut:

“Yg dekat ke pantai puntih Ancol boleh di cek ini ???
Rezim togog Bedebah pasilitasi karantina khusus untuk TKA SILUMAN CHINA
REZIM BOTOL”

Gambar itu adalah gambar tangkapan layar dari tweet akun Twitter MpuAnon yang berisi narasi “Apa ada yang kalian kenal terpapar COVID-19 kemudian dirawat di sini? Lokasi di jalan Pasir Putih Ancol” dan disertai foto bangunan berwarna putih.

Sumber : https://perma.cc/NEW3-5P97 (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran anggota grup Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), klaim bahwa foto bangunan berwarna putih itu adalah fasilitas karantina khusus untuk TKA Cina adalah klaim yang salah.

Bangunan itu adalah Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) yang didirikan oleh Yayasan Artha Graha Peduli yang difungsikan sebagai sarana melakukan Rapid Test Covid-19.

“AGP Bersama-sama dengan Yayasan Budha Tzu Chi, Sinarmas, Indofood, dan Central Omega Resources berharap dengan mendirikan Rumkitlap ini dapat mengajak dan menggugah hati dari para stakeholder dan pengusaha lain agar dapat memberikan kontribusi dan keprihatinan terhadap negara kita yang sedang menghadapi bencana wabah Covid-19 dengan membuat Rumkitlap di wilayah lain,” ujar Juru bicara Artha Graha Peduli, Hanna Lilies Puspawati dalam keterangan resmi, Selasa (31/3/2020).

“Tentunya dengan keterbatasan alat yang ada, kami membuat beberapa kriteria sebagai bahan pertimbangan dalam memutuskan siapa yang tepat untuk diprioritaskan,” kata Wadirut PT Bank Artha Graha International Tbk Christina, Sabtu (28/3).

Hanna Lilies Puspawati menyampaikan bahwa saat ini Rumkitlap masih diprioritaskan bagi para pekerja Artha Graha Group, Yayasan Artha Graha Peduli (AGP), dan mitra Artha Graha, serta masyarakat umum yang tinggal sekitar radius 500 meter dari rumkitlap.

Jika ada warga di luar radius 500 meter, yang ingin melakukan tes tersebut, dia menyatakan bisa mendaftarkan diri secara daring ke Sekretariat Rumkitlap AGP dengan persyaratan kesehatan sesuai yang ditentukan.

Adapun kriteria yang disarankan adalah orang yang menunjukkan gejala seperti demam, batuk, pilek, radang tenggorokan, sesak kurang lebih 14 hari terakhir.

Selain itu, mereka yang komorbid atau memiliki penyakit penyerta, seperti diabetes, darah tinggi, asma, gagal ginjal, jantung atau stroke.

Kriteria terakhir adalah orang yang mungkin secara fisik sehat, tapi ada kontak atau di sekitarnya (keluarga, teman kerja, tetangga dekat) sudah terduga atau positif terpapar Covid-19 dalam 14 hari terakhir.

AGP mengajak para pengusaha, khususnya yang bergabung di Kadin, untuk bersama-sama berkontribusi dalam penanganan Covid-19 dengan membuat Rumkitlap di wilayah-wilayah lain sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan Rapid Test Covid-19 tanpa harus ke RS rujukan.

REFERENSI
https://ekonomi.bisnis.com/read/20200331/45/1220530/artha-graha-bangun-rumah-sakit-lapangan-di-jakarta-utara
https://nasional.tempo.co/read/1325139/wabah-covid-19-artha-graha-bangun-rumah-sakit-lapangan/full&view=ok
https://mediaindonesia.com/read/detail/299562-artha-graha-peduli-bangun-rs-lapangan-untuk-tes-korona-di-ancol
https://republika.co.id/berita/q89b3w375/agp-bangun-rs-lapangan-di-ancol

About Adi Syafitrah 869 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo