[SALAH] Karantina Wilayah Di India

Hasil Periksa Fakta Indri Pramesti Widyaningrum (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Gunadarma)

Foto yang beredar tidak terkait kondisi saat ini di India. Foto tersebut berasal dari peristiwa upaya penyelamatan di sebuah bangunan runtuh pada tanggal 14 Juni 2011 di lingkungan Embakkasi, Nairobi, Kenya.

=====

Kategori: Konten Yang Salah

=====

Sumber: Facebook

Archive :

http://archive.md/JcqKd

http://archive.md/SS6UO

=====

Narasi:

#خليك_بالبيت في الهند “

Terjemahan :

#stay_home in india”

=====

Penjelasan:

Beredar sebuah foto yang diklaim sebagai bangunan yang dipadati penghuni akibat penerapan karantina wilayah di India.

Namun setelah melakukan penelusuran, informasi tersebut tidak benar. Foto yang diunggah oleh akun Saida Online adalah foto hasil jepretan wartawan AFP Photo dimana foto tersebut diambil pada 14 Juni 2011 di lingkungan Embakkasi, Nairobi, Kenya. Yaitu tepat 7 tahun sebelum wabah COVID-19 terjadi.

Melansir dari gettyimages, foto asli tersebut merupakan kerumunan yang menyaksikan upaya penyelamatan setelah sebuah bangunan runtuh pada 14 Juni 2011 di Nairobi. Setidaknya ada dua pekerja yang tewas dan 14 lainnya hilang pada 14 Juni setelah bangunan enam lantai yang sedang dibangun runtuh di lingkungan Embakassi di Nairobi.

Melansir dari sandiegouniontribute.com bangunan tersebut runtuh akibat melakukan pembanguna secara illegal dan tidak memenuhi standar dalam pembangunan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, ternyata foto yang diposting oleh akun Saida Online bukan foto yang memperlihatkan sebuah bangunan yang dipakai untuk karantina wilayah di India melainkan foto yang diambil pada saat runtuhnya bangunan di lingkungan Embakkasi, Nairobi, Kenya, maka informasi tersebut masuk ke dalam Konten Yang Salah atau False Context.

======

Referensi :

https://www.gettyimages.com/photos/embakassi-neighborhood-in-nairobi?mediatype=photography&phrase=Embakassi+neighborhood+in+Nairobi&sort=mostpopular

https://www.gettyimages.com/detail/news-photo/crowd-watches-rescue-efforts-after-a-building-collapsed-on-news-photo/116269047

https://www.sandiegouniontribune.com/sdut-kenya-2-dead-14-missing-after-building-collapse-2011jun14-story.html

http://en.people.cn/90001/90783/91321/7409868.html

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4215042/cek-fakta-hoaks-foto-kepadatan-penghuni-bangunan-di-india-saat-lockdown