[SALAH] Foto “penguburan Jenazah ibu kandung Presiden Joko Widodo meninggal dunia karena Serangan Virus Corona”

BUKAN foto prosesi pemakaman Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo. Foto itu adalah proses pemakaman jenazah suspect Corona di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat pada 26 Maret 2020. Ibu Sujiatmi yang wafat karena sakit kanker selama 4 tahun dimakamkan di Pemakaman Keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Kamis (26/3/2020)

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun Mustahid Akbar (fb.com/mustahid.akbar.7) mengunggah 2 foto dengan narasi sebagai berikut:

“Jenazah ibu kandung Presiden Joko Widodo
Jenazah ibu Hj. Sudjiatmi sengaja tidak di Shalati dan tidak di mandikan dan tidak boleh di layat oleh siapapun karena Sudjiatmi meninggal dunia akibat Serangan Virus Corona. Disaat penguburan, Peti mati Sudjiatmi di lempar begitu saja di dalam lobang kubur, agar Si pengubur Jenazah tidak tertular Virus Corona jenis Covid-19″

Di foto pertama, tampak beberapa petugas yang mengenakan jas hujan berwarna hijau yang sedang menurunkan peti jenazah dengan tali tambang. Di foto kedua, tampak foto Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo.

Sumber : https://perma.cc/38Y8-ZTJP (Arsip) – Sudah dibagikan 289 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa foto beberapa petugas yang mengenakan jas hujan berwarna hijau yang sedang menurunkan peti jenazah dengan tali tambang itu adalah prosesi pemakaman Ibunda Presiden Joko Widodo adalah klaim yang salah.

Foto itu adalah proses pemakaman jenazah suspect Corona di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat pada 26 Maret 2020.

Salah satu media yang memuat foto prosesi pemakaman jenazah suspect virus Corona COVID-19 itu adalah suara.com pada Kamis, 26 Maret 2020 pukul 20:14 WIB dengan judul artikel berita “Pemakaman Jenazah Suspect Corona di TPU Tegal Alur”

Foto itu ditayangkan dengan keterangan “Petugas menurunkan peti jenazah pasien suspect Corona dengan menggunakan tali tambang di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, Kamis (26/3). [Suara.com/Alfian Winanto]”

Selain itu, Kompas.com juga mengunggah foto proses pemakaman itu di artikel berjudul “Suspect Covid-19, 3 Jenazah Dimakamkan di TPU Tegal Alur” yang dimuat pada Kamis, 26 Maret 2020 pukul 21:39 WIB.

Berikut isi artikel beritanya:

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur sebagai salah satu lokasi pemakaman jenazah pasien Covid-19. Kamis (26/3/2020), ada 3 jenazah yang kembali dimakamkan di TPU tersebut.

Petugas TPU sudah bersiap dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) berupa masker N95, sarung tangan, dan jas hujan. Ketika mobil jenazah datang, petugas TPU segera mendekat. Sebelum mengangkat peti jenazah, petugas menyemprotkan disinfektan ke peti jenazah dan petugas pengangkat peti.

Pengamatan Kompas.com, proses pemakaman tidak berlangsung lama, usai dimasukkan ke dalam liang lahat, petugas langsung menutup dengan tanah lalu memasang nisan. Lebih kurang 10 menit.

Usai memakamkan petugas TPU kembali disemprot disinfektan dan kemudian jas hujan yang mereka kenakan mereka copot lalu kemudian dibakar. Baru kemudian keluarga boleh mendekat dan mendoakan jenazah.

Pemprov DKI Jakarta menjadikan TPU Tegal Alur di Jakarta Barat dan TPU Pondok Ranggon di Jakarta Timur sebagai TPU rujukan untuk memakamkan pasien Covid-19. Alasan utama karena kedua TPU tersebut masih luas dan kosong.”

Sementara itu, prosesi pemakaman mendiang Sudjiatmi Notomiharjo, Ibunda dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi digelar di Pemakaman Keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Kamis (26/3/2020).

Namun, selama proses pemakaman berlangsung, pelayat diminta untuk melihat dari jarak jauh. Dalam acara pemakaman itu, tampak hanya keluarga inti saja yang bisa masuk ke area joglo. Namun pelayat-pelayat menanti di luar area joglo makam.

Terlihat di area pelayat itu ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko serta pelayat-pelayat lainnya. Tampak anggota Paspampres juga menjaga di depan pintu masuk area joglo tempat mendiang Sudjiatmi dimakamkan.

Untuk diketahui, Ibunda Jokowi meninggal dunia karena kanker tenggorokan. Sujiatmi Notomiharjo meninggal di Rumah Sakit TNI Tingkat III Slamet Riyadi, Surakarta, pada Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB.

Staf Khusus Presiden Dini Shanti Purwono mengatakan Ibunda Presiden Jokowi sudah menderita sakit kanker sejak lama. Sudjiatmi meninggal di usia 77 tahun.

Sementara itu, terkait foto Ibunda Jokowi yang juga diunggah oleh sumber klaim, foto itu salah satunya dimuat di situs hops.id dalam artikel berjudul “Ibu Jokowi wafat dan warisan ‘ojo milik’”

REFERENSI
https://www.suara.com/foto/2020/03/26/201455/pemakaman-jenazah-suspect-corona-di-tpu-tegal-alur
https://foto.kompas.com/photo/read/2020/03/26/1585231025920/2/suspect.covid19.3.jenazah.dimakamkan.di.tpu.tegal.alur
https://news.detik.com/foto-news/d-4953928/momen-prosesi-pemakaman-ibunda-jokowi/1
https://www.suara.com/video/2020/03/26/171644/prosesi-pemakaman-ibunda-presiden-jokowi
https://nasional.kompas.com/read/2020/03/26/17141331/momen-saat-jokowi-turun-ke-liang-lahat-mengantar-kepulangan-ibunda
https://www.hops.id/ibu-jokowi-wafat/

About Adi Syafitrah 666 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo