[SALAH] Inggris Rusuh Akibat Lockdown

Hasil Periksa Fakta Auliyaa Muhammad Hesa (Anggota Komisariat MAFINDO UI & UKM FC UI)

Unggahan video melalui Facebook tentang rakyat di Inggris yang bertindak secara brutal akibat dari penerapan lockdownadalah informasi yang salah. Video tersebut adalah video lama tentang kerusuhan Inggris dalam peristiwa “London Riots” pada tahun 2011 disebabkan oleh kematian seorang warga lokal Tottenham, London yang ditembak oleh polisi.

=====

Kategori: Misleading Contentatau Konten Yang Menyesatkan.

=====

Sumber: Facebook

Archive:

https://archive.st/lb3n

=====

Narasi:

“Inggris mulai rusuh, Akibat Lockdown, Rakyat mulai Kelaparan & bertindak secara brutal, penjarahan dimana mana, demi mengisi perut lapar..”

=====

Penjelasan:

Beredar sebuah video yang diunggah melalui Facebook tentang kerusuhan di Inggris akibat kebijakan lockdown. Dalam unggahan tersebut juga disebutkan rakyat yang mulai kelaparan lalu bertindak menjadi brutal dan melakukan penjarahan.

Berdasarkan hasil penelusuran, unggahan video Facebook tersebut adalah hasil dari potongan video yang dinarasikan ulang, berasal dari laman Youtube berjudul “Peckham Riot & Looting – 8 August 2011” diunggah pada 10 Agustus 2011 dengan akun bernama “peckhamriots”. Video tersebut dipotong pada menit 0:43—6:13.

Dalam penelusuran lain, melalui artikel berita dari bbc.co.uk, kerusuhan di jalan Peckham yang terdapat di dalam video merupakan kerusuhan yang disebabkan oleh matinya seorang warga lokal Tottenham, London bernama Mark Duggan yang ditembak oleh polisi pada 4 Agustus 2011. Peristiwa tersebut dikenal dengan nama “London Riots.”

Kerusuhan di Peckham, Inggris terjadi pada 8 Agustus 2011 dan merupakan salah satu rangkaian protes di tanggal 6—11 Agustus 2011.

Berdasarkan penjelasan tersebut, unggahan tentang Inggris rusuh akibat lockdown adalah informasi yang salah. Oleh sebab itu, unggahan tersebut masuk dalam Misleading Contentatau Konten Yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

https://www.bbc.com/news/uk-england-london-14434318

https://www.bbc.co.uk/news/uk-10321233

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4208293/cek-fakta-hoaks-video-viral-kerusuhan-di-inggris-yang-diklaim-dampak-lockdown-covid-19

https://www.indiatoday.in/fact-check/story/fact-check-truth-behind-video-people-rioting-on-london-streets-fearing-coronavirus-lockdown-1658310-2020-03-22

https://archive.fo/aSBas