[SALAH] “Akun Twitter resmi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan @NadimMakarim”

BUKAN akun resmi milik Mendikbud Nadiem Makarim. Kemendikbud menyatakan bahwa Nadiem Makarim tidak memiliki akun pribadi di media sosial apapun. Saat ini, akun @NadimMakarim itu sudah mengganti keterangannya menjadi “Bukan Akun Twitter resmi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan | *Akun fanbase dikelola oleh admin”

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten Tiruan
=============================================

Beredar tweet dari akun @NadimMakarim yang mengklaim bahwa akunnya adalah akun Twitter resmi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Akun ini menulis di keterangannya sebagai berikut:

“Akun Twitter resmi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan | #MenujuIndonesiaMaju | *Akun dikelola oleh admin”

Akun ini viral setelah membuat tweet sebagai berikut:

“Menyikapi perihal terus mewabahnya covid19 di seluruh penjuru Indonesia. Sebelumnya sudah ada kesepakatan UN dihapus mulai tahun 2021. Dengan berat hati, UN 2020 ditiadakan pula. Berlaku untuk SD, SMP, SMA, dan sederajatnya. #UNBK”

Sumber : https://perma.cc/K63Q-K74Y (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa akun @NadimMakarim adalah akun resmi adalah klaim yang salah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim tidak memiliki akun media sosial pribadi apapun.

Bantahan ini sebenarnya sudah pernah disampaikan pada 28 Oktober 2019, beberapa hari setelah Nadiem Makarim dilantik menjadi Mendikbud oleh Presiden Joko Widodo.

Berikut isi artikel klarifikasi yang berjudul “Mendikbud Nadiem Makarim Tidak Memiliki Akun Media Sosial Pribadi” yang dimuat di situs kemdikbud.go.id:

“Pemberitahuan

Sehubungan dengan banyak munculnya akun media sosial yang mengatasnamakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, dengan ini diberitahukan bahwa hingga saat ini Mendikbud Nadiem Makarim tidak memiliki akun media sosial pribadi. Untuk itu, semua akun media sosial yang mengatasnamakan Nadiem Makarim dapat dipastikan bukanlah akun asli yang bersangkutan. Unggahan atau cuitan yang menyebutkan atau ditujukan kepada Mendikbud Nadiem Makarim dapat dilakukan dengan me-mention atau men-tag akun media sosial Kemendikbud. Terima kasih.”

Sementara itu, tidak lama setelah Kemendikbud mengeluarkan bantahan terkait klaim ini di akun Twitter resmi Kemendikbud, akun Twitter NadimMakarim mengubah keterangan di bio akunnya menjadi:

“Bukan Akun Twitter resmi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan | #MenujuIndonesiaMaju | *Akun fanbase dikelola oleh admin”

REFERENSI
https://twitter.com/Kemdikbud_RI/status/1242311542525181952
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/10/mendikbud-nadiem-makarim-tidak-memiliki-akun-media-sosial-pribadi
https://www.suara.com/tekno/2019/11/07/110000/duh-beredar-akun-palsu-mendikbud-nadiem-makarim
https://news.detik.com/berita/d-4756649/nadiem-makarim-resmi-dilantik-sertijab-mendikbud-digelar-siang-ini

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo