[SALAH] Foto “Presiden Italia menangis karena tak cukup lahan untuk mengubur 700an korban corona per hari”

Bukan foto Presiden Italia. Pria di foto itu adalah Jair Messias Bolsonaro, Presiden Brasil ke 38. Sementara, Presiden Italia adalah Sergio Mattarella.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Akun Asty Emerald Msi Kupang (fb.com/asty.bundanyareynhard) mengunggah sebuah foto dengan narasi :

“PESAN PALING MENYEDIHKAN PERDANA MENTERI ITALIA
“Kami telah dikalahkan oleh wabah. Kami sudah mati fisik dan mental, kami tak tahu lagi apa yg harus kami buat. Semua cara dunia (manusia) tak lagi mempan. Solusi satu2nya hanya (mengharapkan) kuasa langit (Tuhan).”

Italia punya fasilitas perawatan kesehatan tercanggih tapi semuanya gagal mengendalikan corona karena awalnya itu hanya dianggap sekadar lelucon dan sekarang presiden mereka menangis karena tak cukup lahan untuk mengubur 700an korban corona per hari (mungkin hari ini sudah lebih dari 700).
PELAJARAN BAGI NEGARA LAIN.. TERMASUK NEGARA KITA
JANGAN MAIN-MAIN.. JANGAN KERAS HATI..
DUKUNG UPAYA PEMERINTAH..”

Sumber : https://perma.cc/8RCG-2YYF (Arsip) – Sudah dibagikan 743 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, foto yang diunggah oleh sumber klaim, jika dihubungkan dengan narasi Presiden mereka (Italia) menangis adalah sebuah kesalahan.

Foto yang diunggah oleh sumber klaim adalah foto Jair Messias Bolsonaro, Presiden Brasil ke 38 bukan foto Presiden Italia, Sergio Mattarella.

Hal ini dibuktikan dengan hasil pencarian dengan menggunakan Google Images. Postingan itu mengambil foto atau tangkapan layar dari pidato Bolsonaro pada 17 Desember 2019 , pada acara Thanksgiving yang diadakan di Planalto Palace.

Bolsonaro menangis ketika dia menceritakan ketika ia diserang dengan pisau di Juiz de Fora (MG), selama kampanye pemilihan 2018.

“Bolsonaro mengingat saat-saat ketika dia berada di rumah sakit, setelah ditikam di Juiz de Fora, dan meminta Tuhan untuk tidak meninggalkan putrinya,” tulis kanal Youtube Planalto dalam deskripsi video jika diterjemahkan.

Kanal YouTube Folha Politica mengunggah video pidato Bolsonaro itu dengan judul :”Bolsonaro menangis ketika mengingat kedekatannya dengan kematian: ‘Saya tidak ingin anak perempuan saya yang berusia 7 tahun menjadi yatim piatu” (terjemahan)

Presiden Italia, Sergio Mattarella adalah Presiden Italia ke-12 yang diangkat pada 3 Februari 2015, menggantikan Giorgio Napolitano. Sementara itu, Perdana Menteri adalah Giuseppe Conte, yang menjadi Perdana Menteri Italia ke-58.

REFERENSI
https://www.rappler.com/newsbreak/fact-check/255534-photo-italy-president-crying-over-coronavirus
https://www.poder360.com.br/governo/bolsonaro-chora-ao-lembrar-de-facada-em-culto-evangelico-no-planalto/
https://www.youtube.com/watch?v=QVBH5vBHBwg
https://www.youtube.com/watch?v=bV1MkjFzZe8
https://id.wikipedia.org/wiki/Jair_Bolsonaro
https://id.wikipedia.org/wiki/Sergio_Mattarella
https://id.wikipedia.org/wiki/Giuseppe_Conte

About Adi Syafitrah 882 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo