[SALAH] Video “Donald Trump Ke WC Lupa Matikan Mic”

Video yang tersebar melalui Whatsapp merupakan video lama dari tahun 2015. Sosok dalam video tersebut bukan Donald Trump, melainkan Wali Kota Texas Dale Ross.

=====

Kategori: False Context/Konten yang Salah

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

“☝Donald Trump meninggalkan ruang rapat utk buang hajat ke WC (toilet), tapi … microphone didasi lupa dimatikan shg bunyi pelepasan kentut beraknya masuk ke speaker ruangan rapat.🙈😁😜😎🤓”

=====

Penjelasan:

Beredar melalui Whatsapp video seseorang yang tengah memimpin rapat lalu meninggalkan ruangan untuk ke toilet lupa mematikan mikrofonnya. Sosok dalam video tersebut diklaim sebagai Donald Trump.

Melalui hasil penelusuran, diketahui bahwa sosok dalam video yang lupa mematikan mikrofon bukanlah Donald Trump. Diketahui bahwa sosok dalam video itu ialah Wali Kota Texas Dale Ross.

Adapun, kejadian dalam video itu bukanlah baru terjadi saat ini. Kejadian dalam video terjadi pada tahun 2015. Video itu merekam rapat yang dilakukan Ross pada tanggal 28 April 2015.

Ketika rapat tengah berlangsung, Ross undur diri sejenak dari rapat untuk menuju toilet. Namun, ia lupa bahwa ada mikrofon kecil terpasang di bajunya. Suara saat ia tengah di toilet pun terdengar ke dalam ruangan rapat dan mengundang tawa para peserta rapat.

Kejadian tersebut sempat viral di tahun 2015 di kalangan masyarakat Amerika Serikat, khususnya di Texas. Kala itu, Ross menanggapi kejadian memalukan itu dengan santai. “Saya pikir orang biasa dapat memahami hal ini, bahwa bahkan Wali Kota – ketika panggilan alam – harus pergi,” ujarnya yang dikutip dari mysantonio.com (4 Mei 2015).

Berdasarkan penjelasan tersebut, klaim bahwa sosok dalam video tersebut adalah Donald Trump tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1140221776310356/

https://www.dallasnews.com/arts-entertainment/2015/05/04/awkward-texas-mayor-forgets-to-turn-off-his-mic-during-bathroom-break/

https://time.com/3845673/texas-mayor-forgets-to-turn-his-mic-off-bathroom/

https://www.mysanantonio.com/news/local/article/Texas-mayor-uses-bathroom-forgets-to-turn-his-6240841.php

https://www.huffpost.com/entry/councilman-bathroom-mic_n_7204840