[SALAH] “Queensland, Australia: Aktor Tom Hanks telah meninggal pada usia 63.”

Pihak Tom langsung memberitahu bahwa ia menjadi korban hoax. Saat ini bintang film ‘Cast Away’ itu masih dalam keadaan yang sehat. Situs the-daily-star[dot]com sendiri adalah situs yang berisi konten satire.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten Palsu
=============================================

Beredar artikel berjudul “BREAKING: CORONAVIRUS CLAIMS LIFE OF TOM HANKS – Queensland, Australia: Actor Tom Hanks has passed away age 63.”

Artikel yang dimuat di situs the-daily-star[dot]com ini mengklaim bahwa aktor Hollywood Tom Hanks meninggal dunia. Ditulis, Tom meninggal di usia 63 tahun.

Narasi selengkapnya di https://perma.cc/5SM2-SWAY (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Menepis kabar tersebut, pihak Tom langsung memberitahu bahwa ia menjadi korban hoax. Saat ini bintang film ‘Cast Away’ itu masih dalam keadaan yang sehat.

“Dia bergabung dengan daftar panjang selebriti yang telah menjadi korban tipuan ini. Dia masih hidup dan sehat, berhentilah percaya pada apa yang Anda lihat di Internet,” tutur pihak Tom.

Tim Cek Fakta Medcom.id juga mengecek instastory ritawlison, istri Tom Hanks. Terbaru, ia mengunggah story pada Sabtu 14 Maret 2020. Sementara artikel dari situs ditemukan, mengunggah narasi meninggalnya Tom Hanks, terbit pada Jumat 13 Maret 2020. Jika diamati lebih lanjut situs ini memperlihatkan indikasi laman yang tidak dapat dipercaya.

Di antaranya dari sisi nama, mirip dengan portal arus utama www.dailystar.co.uk.Kemudian mereka tidak mencantumkan susunan redaksi dan alamat kantor di situs tersebut.

Selain itupada situs the-daily-star mereka mengaku memproduksi konten-konten satire.Ini bisa dilihat pada bagian bawah situs, terdapat keterangan yang bertuliskan “Disclaimer: This is Satire.”

Kemudian, pada kolom Privacy & Terms terdapat kalimat yang janggal. Misalnya pada ketentuan privacy tertulis “Last update: January 3 1975”. Padahal, setelah ditelusuri dengan memanfaatkan Whois Lookup & IP, domain situs tersebut baru dibuat pada 29 Januari 2019. Artinya kontras dengan ketentuan privacy.

Bahwa benar Tom Hanks dan istri, Rita Wilson, positif mengidap virus korona (covid-19). Tom mengumumkan sendiri kabar tersebut lewat unggahan di akun Instagram tomhanks pada Kamis 12 Maret 2020.

Tom menuturkan dirinya dan istri terserang demam ketika berada di Australia. Kala itu ia tengah mempersiapkan film baru tentang kehidupan Elvis Presley.

“Untuk bermain dengan benar, seperti yang dibutuhkan di dunia saat ini, kami diuji untuk virus korona, dan ternyata positif,” seperti dilansir Medcom.id.

Pada Jumat 13 Maret 2020, Tom mengunggah foto terbaru di akun instagram dan twitternya tomhanks. Ia tampak merangkul sang istri dan tersenyum menatap lensa kamera.

“Halo teman-teman. ritawilson dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang di sini, Down Under, yang telah merawat kami dengan baik. Kami memiliki Covid-19 dan berada dalam isolasi sehingga kami tidak menyebarkannya ke orang lain. Ada orang-orang yang dapat menyebabkan penyakit yang sangat serius. Kami mengambilnya satu hari pada suatu waktu. Ada hal-hal yang bisa kita semua lakukan untuk melewati ini dengan mengikuti saran para ahli dan menjaga diri kita sendiri dan satu sama lain, bukan? Ingat, terlepas dari semua kejadian terkini, tidak ada yang menangis dalam bisbol. Hanx,” kata Tom.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/Dkq7j54N-aktor-hollywood-tom-hanks-meninggal-dunia-terkait-korona
https://www.indozone.id/news/EnsDrO/aktor-tom-hanks-dikabarkan-meninggal-benarkah/read-all
https://www.instagram.com/p/B9qBEyjJu4B/
https://www.instagram.com/ritawilson/

About Adi Syafitrah 1154 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo