[SALAH] “Menginformasikan di JICT bahwa Capt Kapal CMA CGM Virgina terkena Corona”

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Ahmad, menegaskan informasi itu tidak benar dan menyesatkan. Nakhoda kapal berkewarganegaraan Ukraina tersebut tidak terindikasi virus corona melainkan sakit flu biasa. “Namun demikian, nakhoda kapal tersebut masih diobservasi di Rumah Sakit PMC hingga saat ini,” kata Ahmad.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Akun M Iqbal Maulana (fb.com/miqbal.maulana.180) mengunggah sebuah video dengan narasi :

“Harap berhati hati bagi rekan rekan yang bekerja di area pelabuhan khusus nya TKBM
Menginformasikan di JICT bahwa Capt Kapal CMA CGM Virgina terkena Corona sehingga Capt kapal tsb lsg dibawa Mobil Ambulance menuju ke RS Suroso sunter. All Team agar tetap berhati² Thanks
Informasi terupdate dr JICT barusan bahwa ditemukan kembali kru ABK nya di evakuasi kembali ke RS Suroso karena terkena virus corona dan all tally dan TKBM disuruh turun tdk ada yg dikapal CMA CGM Virgina tsb
Informasi terupade dr Terminal, bahwa nambah 1 lagi agen pelayaran CMA terkena suspect virus corona dan diamankan ke RS Suroso, utk kapal CMA CGM Jakarta sementara ini masih aman informasi dr pihak Karantina, tetapi tetap kita harus waspada agar jgn ada kontak langsung baik dgn pihak kapal maupun agen pelayarannya ini imbauan dr pihak Terminal. Thanks”

Sumber : https://perma.cc/6UCL-KWKW 9Arsip) – Sudah dibagikan 45 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Kementerian Perhubungan memastikan bahwa informasi adanya nakhoda kapal CMA CGM Virginia di Pelabuhan Tanjung Priok yang terindikasi virus corona (Covid-19) adalah tidak benar.

“Informasi simpang siur yang beredar melalui percakapan di aplikasi WhatApp, yang menyebutkan adanya Nakhoda kapal berkewargaan Ukraina terindikasi virus Corona adalah informasi tidak benar dan menyesatkan,” tegas Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kemenhub Ahmad, Jumat (6/3/2020).

Ahmad juga menegaskan informasi bahwa sandarnya kapal tersebut di Tanjung Priok, Jakarta Utara, tidak mengikuti standar dan prosedur pemeriksaan kapal asing terkait antisipasi virus Corona adalah tidak benar. Dia juga menepis kabar anak buah kapal (ABK) dari kapal tersebut terindikasi virus Corona.

Ahmad menjelaskan kronologi kejadian tersebut berawal dari adanya pergantian Nakhoda kapal sebelum kapal tersebut bertolak ke Tanjung Perak Surabaya.

Bermula saat Kapal CMA CGM Virginia dari Tiongkok sandar di JICT Tanjung Priok pada tanggal 5 Maret 2020 pukul 13.00 WIB setelah sebelumnya diperiksa oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di zona karantina dan pada akhirnya diizinkan bersandar setelah ada clearance kesehatan dari KKP.

“Hasil observasi oleh KKP tidak ada ABK kapal yang terindikasi virus Corona,” kata Ahmad.

Selanjutnya, Jumat ini, Surat Persetujuan Berlayar (SPB) diterbitkan oleh Syahbandar Tanjung Priok dan ada pergantian Nakhoda kapal sebelum kapal tersebut akan bertolak ke Pelabuhan Tanjung Perak.

Adapun Nakhoda kapal pengganti tersebut tiba di Pelabuhan Tanjung Priok dan diketahui sedang sakit batuk sehingga agen kapal menelpon KKP yang langsung membawa Nakhoda kapal pengganti tersebut ke rumah sakit Jakarta Medical Center (JMC ) Tanjung Priok.

“Hasil pemeriksaan dikatakan bahwa Nakhoda kapal berkewargaan Ukraina tersebut tidak terindikasi virus Corona melainkan sakit flu biasa. Namun demikian, Nakhoda kapal tersebut masih diobservasi di Rumah Sakit JMC hingga saat ini,” jelas Ahmad.

Ditjen Perhubungan Laut terus melakukan sejumlah langkah guna mengantisipasi penyebaran virus corona. Salah satunya antisipasi dengan menerbitkan Surat Edaran Ditjen Perhubungan Laut Nomor SE 8 Tahun 2020 tentang Langkah Siaga Hadapi Penyebaran Virus Corona di Wilayah Pelabuhan Indonesia. Ditjen Perhubungan Laut juga bekerja sama dengan BUMN Pelabuhan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) memperketat pemeriksaan kesehatan penumpang.

REFERENSI
https://ekonomi.bisnis.com/read/20200306/98/1210190/nakhoda-kapal-cma-cgm-virginia-positif-corona-tidak-benar
https://news.detik.com/berita/d-4928938/kemenhub-bantah-kebenaran-kabar-nakhoda-asing-kena-corona-sandar-di-priok?single=1
https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-tak-benar-nakhoda-kapal-di-tanjung-priok-positif-virus-corona-1syRg3rf0AL
https://www.liputan6.com/bisnis/read/4195980/kabar-nahkoda-kapal-virginia-di-tanjung-priok-terindikasi-virus-corona-hoaks
https://republika.co.id/berita/q6rvtl396/kemenhub-bantah-nakhoda-terindikasi-corona-di-tanjung-priok

About Adi Syafitrah 1362 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo